Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Ada Patung Cheng Ho Tertinggi di Dunia

Patung Cheng Ho Tertinggi di Dunia Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Wisata di Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Jawa Tengah, pengunjung akan disuguhkan patung Laksamana Cheng Ho tertinggi di dunia, yaitu setinggi 12 meter.

Patung yang dibuat dari bahan perunggu tersebut dibuat langsung di Tiongkok China dan dikirim ke Semarang, Indonesia menggunakan jalur laut.

Laksamana Cheng Ho adalah pelaut ulung yang menjelajahi samudera dunia untuk mengetahui beragam kehidupan dan kebudayaan manusia di dunia. Di Nusantara, terutama Jawa, dia memiliki misi menyebarkan agama Islam.

Dia berjasa besar dalam perannya sebagai penyebar agama Islam di Tanah Jawa-Nusantara, karena menurunkan ulama-ulama pilihan dari negeri Champa di Nusantara termasuk di Pajajaran dan Majapahit. Walisongo disebut-sebut merupakan bagian dari gerakan penyebaran Islam yang dirintis Laksamana Zheng He.

Klenteng Sam Poo Kong adalah salah satu peninggalannya saat Cheng Ho mendarat di Simongan, Pergota atau sekarang yang dikenal dengan Kota Semarang. Salah satu peninggalannya adalah jangkar ukuran raksasa yang disimpan di dalam klenteng.

Untuk mengingat jasa-jasa Zheng He, dibuatlah patung raksasa ukuran besar yang menjadi patung Cheng Ho tertinggi di dunia. Kini, patung tersebut menjadi wahana selfie atau foto-foto bagi yang berkunjung ke kompleks wisata Klenteng Sam Poo Kong.

Pengen tahu video lengkapnya? Berikut video tentang Kemegahan Patung Cheng Hoo yang dikutip redaksi Tribunwisata.com dari Lismanian Channel.


Bahkan, patung Zheng He menjadi ikon baru bagi wisata etnik China di Kota Semarang. Karenanya, tidak lengkap rasanya kalau tidak berfoto dengan latar belakang patung Cheng Ho jika berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong.

Meski terkesan lekat dengan nuansa Tionghoa, tetapi banyak wisatawan Muslim yang datang kesana mengingat Laksamana Zheng He adalah sosok Muslim-China yang berjasa atas penyebaran agama Islam di kawasan Nan Yang (Asia Tenggara), termasuk di Jawa dan Nusantara. []

Belum ada Komentar untuk "Wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Ada Patung Cheng Ho Tertinggi di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel