Julukan Negara Belgia, Ikon, Kebudayaan dan Tempat Wisata di Belgia

Grand Palace Belgia Tempat Wisata Eropa
Grand Palace, tempat wisata di Belgia favorit yang sering dikunjungi wisatawan.

Apa julukan negara Belgia? Adalah negara cokelat. Alasannya karena pabrik cokelat terbesar di dunia ada di Belgia.

Selain itu, industri cokelat di Belgia sudah ada sejak lebih dari 400 tahun yang lalu. Bahkan, di negeri ini terdapat hukum yang mengatur komposisi cokelat Belgia.

Maka tidak heran jika cokelat Belgia yang dibuat dari lemak kakao murni banyak dibuat menggunakan metode tradisional, karena negara ini memang dikenal sebagai negeri cokelat.

Setiap tahunnya, Belgia mampu memproduksi cokelat sebanyak 600.000 ton. Tingkat konsumsi cokelat masyarakat Belgia juga tertinggi di dunia.

Merujuk pada data yang dikutip TribunWisata dari Brussels Express itulah yang menjadi alasan negara Belgia mendapatkan julukan sebagai Negara Cokelat.

Julukan Negara Belgia lainnya
Selain negara cokelat, negara Belgia ternyata juga memiliki julukan lain. Salah satunya, The Battleground of Europe yang artinya tanah pertempuran Eropa. Hal itu berdasarkan sejarah panjang di Benua Eropa yang menjadikan tanah Belgia sebagai medan pertempuran.

"Lapangan Perang dari Eropa" adalah julukan yang banyak disebutkan untuk Belgia, alasannya adalah sejak abad ke-16 hingga tahun 1830 saat revolusi Belgia, di sana banyak terjadi perang saudara yang memperebutkan kekuataan Eropa. Pertikaian itu seringkali terjadi di kawasan Belgia, sehingga dinamakan "The Battleground of Europe."

Julukan negara Belgia lainnya adalah The Flat Country atau Negeri Datar. Julukan ini diberikan karena negara ini cenderung memiliki tanah yang datar daripada negara-negara lainnya di Benua Eropa.

Ikon Negara Belgia
Ikon negara Belgia adalah Manneken Pis, yaitu patung anak kecil yang sedang pipis atau buang air kecil. Patung yang dikenal juga sebagai Petit Julien ini terbuat dari perunggu dan terletak di Brussels, ibu kota Negara Belgia.

Patung Manneken Pis bukanlah patung sembarangan. Patung ini menyimpan kisah dan cerita penting dalam sejarah Eropa, terutama Brussels, Belgia. Bahkan dalam perjalanan sejarahnya, patung ini beberapa kali dicuri sebelum akhirnya berhasil ditemukan.

Manneken Pis adalah ikon negara Belgia yang amat penting dan berharga, sehingga wisatawan yang datang ke Negeri ini seperti ada yang kurang jika tidak berfoto dengan background patung Manneken Pis.

Kebudayaan Negara Belgia
Kebudayaan negara Belgia tidak lepas dari sejarah panjang negeri ini di belantika Benua Eropa. Dulu, negara ini menjadi bagian dari Kerajaan Romawi dan sering menjadi palagan perang.

Maka tidak heran jika di Brussels banyak dijumpai aneka ragam suku dan ras, seperti Wallonia (Prancis) dan Flanders (Belanda), termasuk masyarakat yang berbahasa Jerman. Percampuran budaya di negara ini makin kental dengan nuansa bangunan-bangunan kuno dan klasik khas Eropa seperti yang ada di film-film maupun game Age of Vampire.

Di sini, juga melekat dengan budaya produknya, yaitu cokelat. Seperti dijelaskan di awal, Belgia adalah negara penghasil cokelat terbesar di dunia.

Belgia memang negara yang tidak memiliki identitas budaya sendiri, karena terdiri dari dua kaum yang berbeda yaitu Wallonia (Prancis) dan Flanders (Belanda). Namun uniknya, mereka dapat bersatu atas nama persatuan dan kesatuan bangsa-negara.

Jika Anda berwisata di Belgia, Anda akan menemukan seniman-seniman musik jalanan atau istilah kasarnya di Indonesia adalah pengamen, yang mahir dalam bermain harmonika dan akordeon. Mereka biasa menghibur para wisatawan, travelers dan turis yang datang mengelilingi Brussels, ibu kota Belgia.

Sementara dalam dunia sepak bola, Belgia juga punya track record yang sangat bagus. Anda pasti kenal dengan Romelu Lukaku dan Eden Hazard. Mereka adalah pemain sepak bola kelas dunia asal Belgia.

Bahkan dalam ajang Piala Dunia 2018, Belgia masuk babak final melawan Perancis. Meski kalah dalam laga final, tetapi nama Belgia dikenal dunia dalam dunia olahraga sepak bola.

Patung Manneken Pis Ikon Negara Belgia
Patung Manneken Pis, ikon dan landmark Belgia yang terletak di ibu kota Brussels.

Tempat wisata di Belgia yang wajib Anda kunjungi
Tempat wisata di Belgia paling favorit dan sering dikunjungi adalah Grand Palace.

Grand Palace adalah objek wisata yang melekat dengan Belgia, memiliki keunikan dan sejarah penting Eropa. Semua bangunannya sangat klasik dan menjadi destinasi favorit turis mancanegara untuk mengabadikan foto-foto dengan latar belakang Grand Palace.

Landmark Atomium juga tempat wisata favorit di Belgia. Adalah landmark atau ikon berbentuk bola yang terbuat dari stainless steel yang terhubung seperti atom atau sel dengan ukuran 165 miliar kali lebih besar dari ukuran atom aslinya.

Mannekin Pis adalah objek wisata Belgia selanjutnya. Seperti dijelaskan di awal, patung yang terbuat dari perunggu berbentuk anak kecil sedang pipis ini menjadi ikon di Brussels, ibu kota Belgia. Lokasinya terletak di persimpangan Stoofstraat dan Eikstraat.

Wisata cokelat. Kamu yang ingin mencicipi lezatnya cokelat asli Belgia dapat berkunjung ke pabrik atau warung-warung yang menyediakan cokelat panas atau cokelat leleh asli, bertemu dengan penduduk asli dan menikmati cokelat bersama sangat asyik saat piknik di Eropa, terutama Belgia. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel