Apa itu Dokumen Perjalanan Wisata? Arti, Fungsi, Manfaat, Macam-macam

Paspor Dokumen perjalanan wisata

Dokumen perjalanan wisata adalah surat atau keterangan tentang identitas diri secara resmi untuk melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri.

Namun ada yang memberikan arti bahwa dokumen perjalanan wisata tidak hanya soal surat tentang identitas secara resmi saja, tetapi juga segala surat/dokumen/catatan yang dimiliki seseorang untuk mendapatkan pelayanan perjalanan.

Apa itu? Contohnya saja tiket, voucher, hingga Miscelleneous Charges Order (MCO). Hanya saja, dokumen perjalanan wisata umumnya menyangkut identitas diri seperti paspor, visa, fiskal, sertifikat kesehatan, hingga exit permit atau re-entry permit.

Fungsi
Untuk mengetahui identitas diri secara resmi dari negara, sehingga mendapatkan izin untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

Manfaat
Bisa melakukan perjalanan wisata sesuai dengan aturan, karena sudah memiliki izin berupa dokumen perjalanan wisata.

Macam-macam
1. Valuable travel document: tiket, voucher, Miscelleneous Charges Order (MCO).
2. Unvaluable travel document: paspor, exit permit/ re-entry permit, visa, sertifikat kesehatan (health certificate), fiskal.

Paspor adalah dokumen perjalanan yang dikeluarkan negara untuk warga negaranya yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Visa adalah dokumen perjalanan resmi yang dikeluarkan perwakilan negara untuk warga negara lain yang ingin melakukan perjalanan ke negaranya.

Jadi, visa adalah kebalikan dari paspor. Jika paspor adalah izin dari negaranya sendiri, visa adalah izin dari negara yang akan dikunjungi.

Fiskal adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang sudah membayar pajak atas perjalanannya ke luar negeri. Jadi, orang yang berangkat ke luar negeri untuk wisata juga dikenakan pajak yang dibayar di muka.

Sertifikat kesehatan adalah dokumen resmi yang menunjukkan bahwa orang yang akan melakukan perjalanan sudah mendapatkan vaksinasi yang disetujui WHO sebagai Badan Kesehatan Dunia. Ini yang disebut dengan health certificate.

Exit permit adalah dokumen tentang pernyataan dari keimigrasian yang menyatakan bahwa seseorang telah diijinkan meninggalkan negara tempat tinggal menuju negara lain untuk sementara waktu. Exit permit biasanya dibubuhkan dalam paspor.

Apa yang dimaksud dengan dokumen perjalanan wisata, paspor dan visa, tentang exit permit, fungsi, manfaat, jenis dan macam-macamnya sudah disebutkan dan dijelaskan dengan gamblang. Sudah paham kan sahabat travelers?