5 Manfaat Sungai Mekong bagi Penduduk Sekitarnya dan Sejarahnya

Pemandangan Wisata Sungai Mekong

APA manfaat Sungai Mekong bagi penduduk sekitarnya? Sedikitnya ada 5 fungsi sungai yang terdapat di Tibet, China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam ini.

1. Potensi perikanan sebagai sumber kehidupan
2. Irigasi atau perairan pertanian
3. Pariwisata (tourism)
4. Transportasi lewat jalur sungai
5. Sumber tenaga Hydroelectric

Tanya jawab
1. Sungai mekong menjadi batas alam negara Laos dengan Thailand di sebelah utara.

Jadi, Thailand berada di selatan, sedangkan Laos berada di utara. Keduanya dipisahkan dengan Sungai Mekong yang juga cocok sebagai tempat wisata di Asia Tenggara.

2. Daerah di sekitar aliran Sungai Mekong dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata, irigasi pertanian di sawah, transportasi dan menangkap ikan.

3. 3 Negara yang dilewati Sungai Mekong, yaitu Thailand, Laos dan Myanmar.

4. Sungai terpanjang di Asia Tenggara adalah Sungai Mekong.

5. Sungai Mekong merupakan salah satu sungai yang melintasi Vietnam, Tibet, China, Myanmar, Thailand, Laos, dan Kamboja.

6. Dimanakah sungai mekong bermuara? Vietnam.

Fakta-fakta
Di Negara Laos, Sungai Mekong menjadi urat nadi perekonomian warga. Bahkan, Kota Phnom Penh dan Vientiane dijadikan sebagai kota pelabuhan karena mendapatkan aliran air dari Sungai Mekong.

Sumber daya alam yang dimiliki membuat Sungai Mekong menjadi tempat bergantungnya hidup penduduk yang tinggal di sekitar sungai tersebut.

Sejarah
Asal-usul nama "Mekong" diambil dari bahasa etnik Tai, yaitu Mae Nam Khong. Artinya adalah induk dari segala sungai.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa telah terjadi permukiman di Ban Chiang sejak era logam tahun 2.100 sebelum masehi (SM).

Peradaban budaya India-Khmer ada di Funan dekat tepi Sungai Mekong.

Sebuah studi arkeologi di Oc Eo, dekat An Gaing menemukan koin dari Kekaisaran Romawi. Kekaisaran Khmer berasal dari abad ke 5 dan Angkor Wat adalah bukti terbesar keberadaannya.

Penjelajah Eropa pertama yang tiba di sana adalah Antonio de Faria dari Portugal pada 1540 M. Peta 1563 melukis Sungai Mekong menjadi delta di muara sungai.

Spanyol dan Portugal membawa misi kekristenan dan perdagangan. Selanjutnya, Belanda yang dipimpin oleh Gerrit van Wuysthoff kembali ke Sungai Mekong ke Vientiane, Laos pada tahun 1641-1642.

Wisata
Turis asing kerap mengujungi Sungai Mekong, karena menjadi pembatas tiga negara yaitu Thailand, Laos dan Myanmar.

Pemandangannya cukup indah, meski airnya tidak sejernih laut dan cenderung agak keruh. Namun, travelers akan disuguhkan satu panorama sungai yang besar dengan pemandangan perbukitan dan persawahan yang hijau alami di sekitarnya.

Di sekitar sungai juga ada pusat oleh-oleh yang menawarkan pernak-pernik khas lokal yang menarik untuk dibawa pulang. Inilah "Golden Triangle" yang perlu Anda coba. (*)