Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Ngehits

Waduk Jatiluhur Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Ngehits

Waduk Jatiluhur adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang lagi ngehits. Ada beragam aktivitas yang dilakukan travelers di sana.

Mancing mania pasti tidak asing lagi dengan nama ini. Sebab, memancing menjadi salah satu aktivitas menarik yang paling digemari di sini.

Pada malam hari, para mancing mania kerap terlihat. Kenapa? Karena malam hari biasanya mereka bisa mendapatkan ikan lebih banyak.

Apa yang menarik dan unik di objek wisata Waduk Jatiluhur? Selain merupakan "danau buatan" terbesar di Indonesia dengan luas 8.300 hektare, kawasan ini punya pemandangan dan view yang mempesona.

Bagaimana tidak, travelers bisa menikmati keindahan panorama alam berupa hamparan air dalam bendungan dengan perbukitan yang hijau di sekelilingnya. Suhunya juga sejuk. Luar biasa indahnya.

Anda yang baru menikah, sangat direkomendasikan untuk bulan madu (honey moon) di sini. Atau yang pengen pacaran bareng gebetan di sini juga recommended.

Fasilitas wisata
1. Kolam renang
2. Warung makan dan restoran
3. Bungalow yang menawan
4. Bar
5. Tempat bermain anak-anak
6. Area perkemahan (camping ground)
7. Olahraga air
8. Tempat olahraga bilyard
9. Sarana rekreasi
10. Lapangan tenis
11. Penginapan, wisma, semacam hotel untuk menginap

Wahana wisata
1. Naik perahu atau kapal mengelilingi waduk
2. Mendayung
3. Selancar angin
4. Sky air
5. Kapal pesiar

Harga tiket masuk
Rp 20.000 per orang, belum termasuk biaya parkir
Rp 35.000 per orang untuk wahana waterboom
Rp 5.000 per orang untuk di Grama Tirta

Kedalaman
Jika air sedang tinggi-tingginya, kedalaman Waduk Jatiluhur bisa mencapai 109 meter.

Jika posisi itu terjadi, sejumlah warga makin panik karena takut kalau akan jebol. Namun, jangan khawatir karena ada petugasnya kok yang mengatur air.

Misteri
Ada sejumlah cerita mistis yang tersimpan di kawasan wisata tersebut. Salah satunya tentang penguasa bendungan bernama Mbah Jawer.

Konon kabarnya, pembangunan Waduk Jatiluhur menelan banyak korban jiwa. Tiga ikan berkepala buaya juga pernah ditemukan penduduk.

Tapi, mungkin itu adalah aligator, hewan langka yang kerap ditemukan di sungai-sungai besar. Jadi, travelers jangan takut ya meski sejumlah informasi misteri nan angker kerap terdengar di sana. Barangkali itu hanya mitos dan legenda saja.