4 Kelakuan Buruk Turis Indonesia, Norak Abis Deh!

Kelakuan Buruk Turis Indonesia Norak Abis Deh

Kelakuan norak turis Indonesia seringkali membuat buruk reputasi travelers Tanah Air. Entah itu saat liburan dan berkunjung ke luar negeri maupun di tempat wisata sendiri.

Berikut 4 kelakuan norak turis Indonesia yang tidak patut travelers tiru. Jadilah wisatawan yang baik agar tidak membuat malu diri sendiri dan negara asal.

Habis makan, tempat berantakan
Peristiwa ini terjadi Jepang. Seorang turis asal Indonesia tidak membereskan peralatan sehabis makan.

Di Indonesia, mungkin hal itu menjadi lumrah dan wajar karena ada pelayan yang membersihkan. Tapi di Jepang, kultur dan kebiasaannya berbeda.

Di Jepang, restoran tidak memiliki pegawai untuk membersihkan meja. Info ini sempat viral setelah akun Tyas Palar menuliskan statusnya di Facebook lengkap dengan fotonya.

Bagi orang Jepang, kelakuan tidak membereskan peralatan sehabis makan adalah perbuatan norak. Jadi, coba pelajari aturan negara kunjungan ya sebelum ke sana biar nggak malu-maluin.

Duduk di bangunan bersejarah
Kalau kasus ini terjadi di kawasan wisata bersejarah dunia, Candi Borobudur. Sejumlah travelers lokal duduk-duduk di atas candi.

Bagi kita, mungkin itu tidak masalah. Namun, perbuatan itu sangat buruk karena Candi Borobudur adalah peninggalan bersejarah dunia yang harus dirawat dan dilestarikan.

Lebih-lebih, pengelola sudah memperingatkan untuk tidak duduk di bagian candi.

Netizen bernama Khaterine mengkritik habis turis Indonesia yang nekat duduk-duduk santai di atas candi tersebut. "Kalau kebiasaan itu terus dilakukan, apakah Borobudur akan bertahan sampai anak cucu kita," begitu kira-kira ungkapan kecewanya.

Seorang presenter reality show di salah satu televisi juga sempat menuai reaksi dari warganet. Pasalnya, dia naik tangga Plengkung Gading di Yogyakarta.

Padahal, itu adalah bagian dari cagar budaya yang dilestarikan. Perbuatan buruk saat liburan seperti itu jangan ditiru ya guys! Mungkin bagi sebagian orang terkesan biasa, tapi sebetulnya itu sangat norak!

Buang sampah sembarangan
Cobalah berkunjung ke berbagai objek wisata di Indonesia, kamu pasti akan menemukan sampah berserakan di mana-mana, terutama sampah plastik maupun botol.

Meski disediakan tempat sampah, tapi tetap saja buang sampah di sembarang tempat. Kalau perilaku ini kamu terapkan di negara lain, kamu akan kena semprot guys!

Teguran mungkin tidak seberapa, kalau denda dalam jumlah yang banyak? Gimana coba?

Merusak situs dan lingkungan
Aksi vandalisme dengan mencorat-coret di sejumlah lokasi wisata sangat tidak terpuji. Namun, itu banyak terjadi di Indonesia.

Misalnya, batu-batu di gunung yang dicoret-coret dengan tipe-X. Kalau kamu ingin menunjukkan pernah di situ, foto selfie saja nggak masalah, jangan corat-coret nama dan daerah asal. Merusak sekali itu.

Ada juga aksi norak lainnya, seperti memetik bunga Sakura saat pelesiran di Jepang. Padahal, bunga sakura tidak boleh dipetik dari pohon, kecuali sudah jatuh.

Berbicara keras di kereta juga sempat menjadi sorotan netizen Tokyo, Nana Watarai. Dia mengkritik kebiasaan orang Indonesia yang suka berbicara keras hingga membuat bising dan menggangu kenyamanan penumpang lainnya.