Tebing Breksi Mirip Istana! Sejarah, Tiket Masuk, Jam Buka, dll

Gambar Tebing Breksi Sleman Jogja

Tebing Breksi adalah tempat wisata yang lagi populer dan hits, berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Keindahan panoramanya yang mirip istana pada zaman kerajaan membuat travelers dijamin terpesona melihatnya.

Wisatawan akan melihat megahnya tebing dengan view Pegunungan Merapi, Kota Jogja dan bandara. Banyak spot menarik untuk berfoto selfie yang bisa diunggah di Instagram.

Pengen lihat matahari terbit (sunrice), di sinilah tempatnya. Tempatnya juga sangat romantis dan indah, cocok berkunjung bareng pacar atau gebetan.

Tiket masuk Tebing Breksi
Harga tiketnya gratis. Untuk keamanan, travelers akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil atau roda empat.

Jam buka Tebing Breksi
Dari jam 05.00 pagi sampai 18.00 sore, travelers bisa berkunjung ke sana. Kok pagi-pagi banget yah!

Justru waktu itu yang dinanti-nanti. Kenapa? Banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan panorama dengan matahari terbit.

Kalau beruntung, kamu juga melihat sunset loh. Pada malam hari sebetulnya juga sangat istimewa pemandangannya, tetapi jam segitu sudah tutup.

Sejarah Tebing Breksi
Asal-usulnya, kawasan di Dukuh Nglengkong, Groyokan Sambirejo itu dimanfaatkan warga untuk aktivitas penambangan.

Banyak material dari bukit kapur itu yang bisa dijual. Pemerintah setempat melarang keras karena bisa merusak lingkungan.

Setelah berbentuk bukit seperti itu, anak-anak muda justru menyulapnya menjadi objek wisata yang menakjubkan. Istimewa indahnya seperti istana saja!

Bebatuan kapur di kawasan tersebut adalah endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran, sehingga masuk dalam benda cagar budaya yang mesti dilestarikan.

Kedudukannya sama dengan Situs Ratu Boko dan Candi Ijo yang harus dilestarikan guys! Prasasti Tebing Breksi sebagai cagar budaya sudah ditandatangani Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X pada Mei 2015.

Denah Tebing Breksi
Denah Tebing Breksi