Kapal Bosok, Wisata Bersejarah di Serang yang Lagi Hits

Gambar Kapal Bosok Wisata di Serang Banten

Kapal Bosok adalah tempat wisata bersejarah yang lagi ngehits, berlokasi di Kampung Drangong, Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

Masjid berbentuk kapal menjadi daya tarik tersendiri di objek wisata Kapal Bosok ini. Selfie menjadi agenda wajib saat berkunjung.

Travelers yang datang berfoto ria dengan latar belakang (background) berupa masjid berbentuk kapal berlapis tingkat empat. Hijau dan biru mendominasi warna masjid ini.

Usai berfoto selfie ria, travelers mengunggahnya ke media sosial. Salah satu yang paling ngehits tentu di Instagram.

Selain nilai sejarahnya, Kapal Bosok ternyata sempat populer diganderungi wisatawan lintas usia, dari anak-anak, remaja, dewasa hingga tua. Kamu tertarik?

Makam Ki Angga Derpa dan sejarahnya
Di kompleks tersebut terdapat makam wali Allah yang dikenal dengan nama Ki Abdullah Angga Depa.

Beliau cukup dikeramatkan penduduk setempat, karena konon sejarahnya beliau orang yang sakti pada zaman Kesultanan Banten.

Siapa Ki Angga Derepa? Dia adalah wali Allah dari Curug, Serang yang keturunannya masih ada sampai sekarang ini.

Sejarah dari cerita tutur menyebutkan, Ki Angga Depa mendapatkan tugas dari Sultan untuk mencari kayu bakar untuk memasak dalam sebuah hajatan pernikahan sang putri Sultan.

Bukannya membawa kayu bakar, beliau justru membawa satu batang pohon besar yang ditarik hanya dengan pundaknya.

Tanpa disadari, di dalam pohon besar itu terdapat lubang yang menjadi tempat tinggal seekor harimau atau macan.

Saat sampai di lokasi hajatan, harimau itu keluar dari pohon dan mengacaukan pesta hajatan. Sultan yang geram kemudian menghukum Ki Angga Derpa dengan mengikatnya di sebuah kapal di pinggir pelabuhan.

Karena kesaktiannya, dia menarik tali yang mengikatnya pada kapal hingga membuat kapal ikut tertarik hingga terdampar di Kampung Drangong, Kelurahan Curug Manis.

Karena dimakan usia, kapal itu membusuk di sana bersamaan dengan wafatnya sang wali. Itulah asal-usul dan legenda Kapal Bosok.

Arti bosok diambil dari bahasa Jawa yang bermakna "busuk". Makam Ki Angga Derpa pun ramai diziarahi dan menjadi tempat wisata religi di kawasan Kota Serang.

Peziarah biasanya banyak berdatangan pada Kamis malam Jumat. Kawasan wisata tersebut semakin populer dan terkenal berkat gambar Kapal Bosok yang ramai diunggah di Instagram.