Julukan Bagi Negara Papua Nugini dan Nama Ibu Kotanya

Ibu Kota Papua Nugini Port Moresby

Julukan bagi negara Papua Nugini adalah Negeri Seribu Bahasa. Nama ibu kotanya adalah Port Moresby dengan agama mayoritas Katolik dan Kristen Protestan.

Apa yang membuat New Guinea itu dijuluki Negeri Seribu Bahasa? Seorang penulis dan blogger, Lismanto yang memberikan julukan tersebut mengatakan, Papua Nugini memiliki banyak bahasa yang digunakan sehari-hari.

Ada tiga bahasa resmi yang dipakai, yaitu bahasa Inggris, Hiri Motu dan Tok Pisin. Namun, ada sekitar 850 bahasa yang juga digunakan.

"Berbeda dengan Indonesia, bahasa nasionalnya satu, meski ada ratusan bahasa lokal lengkap dengan logat khasnya. Di New Guinea, bahasa internasional seperti Inggris, Portugal juga dipakai. Tercatat, penduduk Papua Nugini menggunakan 12 persen bahasa dari bahasa di seluruh dunia," ucap Lismanto kepada TribunWisata, Kamis (27/7).

Dari sisi keunikan tersebut, dia merasa bila julukan "Negeri Seribu Bahasa" sangat cocok disematkan untuk Papua Nugini. Terlebih, selama ini belum ada julukan yang disematkan untuk negara yang berbatasan secara langsung dengan Indonesia tersebut.

Menurutnya, tidak ada julukan secara resmi disematkan kepada suatu negara. Masing-masing berhak menyampaikan pendapat, selama itu relevan dengan kultur, ciri khas dan keunikan suatu negara.

Profil Negara Papua Nugini
Nama internasional: New Guinea
Ibu Kota: Port Moresby
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Lagu Kebangsaan: O Arise All You Sons
Jumlah penduduk: 7,4 juta orang
Luas wilayah: 462.840 km persegi
Agama mayoritas: Katolik, Kristen Protestan
Mata uang: Kina
Hari kemerdekaan: 16 September