Wisata Watu Ulo, Tempat Liburan Paling Hits di Jember

wisata watu ulo jember

Wisata Watu Ulo yang terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu saat ini menjadi tempat liburan paling hits dan populer di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Objek wisata yang berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Jember ini menyuguhkan satu panorama keindahan pantai berpasir vulkanis hitam yang diliputi dengan nilai sejarah berbalut misteri.

Ada satu spot yang menjadi andalan di kawasan wisata Watu Ulo, yaitu adanya bebatuan yang menjorok ke pantai mirip dengan ular.

Bebatuan itu tidak hanya berukuran panjang dan menjorok ke pantai, bentuk batunya juga mirip dengan sisik ular sehingga dinamakan Watu Ulo yang diambil dari bahasa Jawa, artinya adalah Batu Ular.

Konon, mitos yang berkembang di tengah masyarakat, Watu Ulo merupakan jelmaan seekor naga setelah berhasil dikalahkan Sunan Kalijaga karena ular itu memangsa ikan-ikan di kawasan laut tersebut, sehingga nelayan tidak bisa mendapatkan tangkapan ikan selama melaut.

Ular naga raksasa itu dibelah menjadi tiga bagian, kepalanya ditaruh di kawasan Grajakan Banyuwangi dan bagian ekornya terletak di Pacitan, sedangkan di Jember adalah bagian tubuhnya.
Watu Ulo Batu Ular Wisata di Jember

Versi lain menyebutkan, Watu Ulo itu nantinya akan bangkit kembali menjadi seekor ular raksasa karena saat ini hanya bertapa, semedi atau tertidur.

Suatu saat ketika bangun, dia akan berubah menjadi manusia sakti yang menjadi raja atau penguasa di Tanah Jawa, bahkan Nusantara yang saat ini dikenal Indonesia.

Itulah legenda, mitos dan asal-usul Watu Ulo yang saat ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Jember. Mendengar cerita dan kisah di atas, masih ingin menginjakkan kaki di batu ular yang merupakan jelmaan dari naga raksasa itu?

Jangan takut travelers! Cerita dan kisah yang berkembang di masyarakat itu sebatas legenda dan mitos. Sebab, berjalan di atas Watu Ulo adalah saat yang dinanti-nanti.

Kita bisa berjalan dari bibir pantai, menginjakkan kaki di Watu Ulo dan berjalan menuju pantai. Ambil kamera kamu, yuk berfoto selfie ria dan unggah di Instagram. Sangat menarik!

Pemerintah kabupaten (pemkab) sendiri akan mengembangkan kawasan tersebut dengan wisata surfing. Seperti kita tahu, surfing merupakan trend yang paling disukai turis asing.

Pengembangan surfing diharapkan menarik minat turis mancanegara sehingga akan banyak bule-bula ganteng dan cantik yang berdatangan di Watu Ulo, akhirnya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah, termasuk meningkatkan ekonomi penduduk setempat.

Wisata Watu Ulo Pantai Jember

Harga tiket masuk wisata Watu Ulo Jember
Murah meriah dan terjangkau! Itu kesan pertama saat TribunWisata mengunjungi destinasi alam ini.

Cukup bawa uang Rp 100 ribu, sudah sangat cukup untuk kamu berdua yang ingin liburan bersama pacar atau gebetan di sini. Bareng mantan juga boleh!

Harga tiket masuk Rp 7.500 per orang, tidak termasuk anak kecil sehingga cocok untuk liburan bareng keluarga besar.

Pengendara mobil dikenakan biaya Rp 10.000 dan sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000. Kalau travelers bawa uang Rp 100.000, sudah sangat cukup untuk makan atau jajan di sana bareng sang pacar. Romantis sekali bukan?

Wisata Watu Ulo sekarang menjadi tempat liburan paling hits di Jember, bersama dengan Pantai Bandealit dan Payangan. Siap piknik dan menghabiskan waktu untuk liburan di batu ular legendaris di Jember?