Cara ke Pulau Tidung, Wisata Murah Cocok untuk Backpacker

Tidung Island Jakarta Indonesia

Cara ke Pulau Tidung, tempat wisata murah yang cocok untuk backpacker ini bisa dilalui lewat Muara Angke atau Tangerang.

Dari Jakarta
Jika travelers dari Jakarta, akses paling favorit digunakan melalui Muara Angke. Di sana, ada banyak kapal berlantai dua yang siap mengangkut kamu menuju objek wisata idaman Pulau Tidung.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk naik kapal kayu bermotor menuju arah Pulau Tidung? Murah sekali kok. Dengan harga sekitar Rp 40.000, travelers sudah sampai ke pulau surga nan cantik menawan.

Kapal ini biasanya berangkat sekitar jam 06.00 WIB pagi. Sementara ketika pulang dari Pulau Tidung ke Muara Angke biasanya jam 14.00 WIB siang.

Dari Tangerang
Rute menuju Pulau Tidung dari Tangerang bisa lewat kawasan Rawasaban dengan harga tiket kapal yang sangat murah meriah, hanya sekitar Rp 25.000.

Dari Marina Ancol
Rute dari kawasan objek wisata Marina Ancol menuju Pulau Tidung, travelers bisa naik dengan KM Kerapu.

Ada nilai plus bila kamu lewat sini, yaitu sekalian berwisata santai terlebih dahulu di Kawasan Marina Ancol.

Harga tiket naik kapal dari sini juga sangat murah, yaitu sekitar Rp 40.000. Tarif itu belum termasuk tiket masuk kawasan Ancol.

Jarak tempuh
Wisata Pulau Tidung

Kalau dari Muara Angke, Anda akan menghabiskan waktu sekitar dua jam. Jadi, siap-siap bawa bekal minum ya guys, juga obat antimabuk bila travelers gampang mabuk laut.

Biaya penginapan di Pulau Tidung
Cari hotel berbintang dan resorts mewah di sana? Dijamin tidak ada. Sebab, Pulau Tidung menyuguhkan nuansa liburan seperti di kampung sendiri.

Penginapan-penginapan yang disediakan warga sangat murah dan terjangkau, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1 juta. Penginapan dengan fasilitas lengkap plus AC biasanya berkisar Rp 400.000.

Untuk sewa satu rumah yang biasanya terdiri dari dua sampai tiga kamar lengkap dengan AC, travelers harus merogoh kocek sekitar Rp 1 juta per malam.

Bagaimana dengan backpacker? Cobalah cari homestay murah milik warga, biasanya tarfinya cuma Rp 250 ribu per malam. Kalau backpacker bisa menemukan penginapan yang lebih murah malah bagus banget!

Tidak ada ATM
Sebaiknya bawa uang tunai ya, jangan andalkan ATM! Sebab di Pulau Tidung tidak ada ATM untuk mengambil uang kamu.

Jadi, berapa uang yang harus dibawa ketika liburan di objek wisata Pulau Tidung? Rp 1,5 juta sangat cukup untuk berdua, suami-istri atau bareng pacar.

Sewa becak dan sepeda
Salah satu aktivitas paling menarik di Pulau Tidung adalah mengelilingi pulau dengan naik sepeda. Harga sewanya cukup murah, yaitu antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

Sedangkan becak motor (bentor) sewanya biasanya sekitar Rp 5.000 sampai Rp 8.000. Saat weekend, sewa sepeda biasanya laris manis. Jadi, backpacker sekalian musti cepat-cepat nih.

Snorkeling dan diving
Snorkeling Wisata Pulau Tidung

Salah satu kegiatan yang paling diidam-idamkan ketika liburan di Pulau tidung adalah snorkeling dan diving.

Berapa tarifnya? Dengan membawa uang Rp 400.000, sudah cukup untuk snorkeling ria. Sewa baju selam dan tabung biasanya Rp 300.000, sedangkan alat snorkeling biasanya Rp 40.000 sampai Rp 50.000.

Itu belum biaya sewa perahu dengan harga sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang. Jadi bisa patungan nih dengan biaya sekitar Rp 30.000.

Wahana banana boat
Ini dia wahana murah meriah yang bisa travelers dapatkan dengan biaya Rp 40.000 ribuan per orang, serasa di Pulau Dewata Bali deh!

Cara ke Pulau Tidung sangat mudah sekali bukan? Rutenya bisa dari Muara Angke, Tangerang atau Ancol. Liburan bareng pacar semakin berkesan, apalagi yang baru menikah dengan bulan madu di sana. Terasa sangat istimewa!