Wisata Pabangbon, Panorama Indah di Bogor Bak Negeri Dongeng

Panorama Rumah Pohon Pabangbon Gunung Benteng Leuwiliang Bogor Jawa Barat

BOGOR, Tribunwisata.com - Rumah pohon Pabangbon adalah tempat wisata ngehits dan populer di Kabupaten Bogor, karena menyuguhkan panorama indah bak negeri dongeng.

Meski belum seterkenal seperti objek wisata lainnya, namun rumah pohon pabangbon menyuguhkan panorama wisata alam Gunung Benteng di Jawa Barat yang bisa menyaksikan indahnya kota metropolitan Jakarta dari atas.

Hutan pinus yang menghampar membuat kita terkagum-kagum, cocok sekali seandainya dijadikan sebagai lokasi syuting. Travelers bisa menikmati pemandangan, view atau panorama indah dari ketinggian 720 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Foto selfie adalah aktivitas paling digemari muda-mudi dan pengunjung yang datang ke sini. Sehabis foto selfie, mereka biasanya mengunggahnya di Instagram, sehingga sempat viral.

Buat backpacker, wisata di Kampung Pabangbon sangat direkomendasikan. Tidak ada hotel, villa, atau penginapan elite di sana.

Hanya saja, backpacker bisa menginap di rumah-rumah warga atas persetujuan pengelola wisata. Justru, travelers bakal menikmati indahnya suasana di perkampungan, pedesaaan yang alami.

Lokasi alamat rumah pohon Pabangbon
Tempat wisata ngehits dan populer di Kabupaten Bogor ini terletak di alamat Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, tepatnya di sebelah selatan Desa Puraseda atau Bantar Karet dan sebelah utara Desa Sadeng Kolot.

Dari pusat kecamatan Leuwiliang hanya berjarak sekitar 5 km dengan jalan yang terus menanjak. Kalau dari pusat Kota Bogor, travelers harus menghabiskan waktu sekitar 90 menit atau 1,5 jam.

Rute yang ditempuh cukup mudah untuk ditemukan. Selain rumah pohon yang menjadi andalannya, travelers bisa camping di sini karena ada bumi perkemahan yang menyatu dengan alam. Alami banget deh pokoknya.

Rute rumah pohon Pabangbon
Sebelum liburan bersama pacar, gebetan, suami, istri atau keluarga, sebaiknya periksa kendaraan terlebih dahulu, terutama masalah mesin dan sistem rem.

Kenapa? Sebab travelers bakal melewati rute menanjak dan menurun seperti di kawasan puncak. Berikut rute lengkapnya.

1. Masuklah ke jalan tol Jagorawi, lalu keluar pintu tol Sentul City
2. Masuklah tol Kedunghalang, lalu keluar tol lurus di lampu merah
3. Setelah ketemu pertigaan, belok kiri sampai mentok, belok kanan menuju arah Kampus IPB Dramaga
4. Dari kampus IPB Dramaga, lanjutkan perjalanan ke arah Leuwiliang
5. Sebelum Pasar Leuwiliang, belok kiri di pertigaan Karacak, lanjutkan saja menuju arah ke SMK Pertanian Leuwiliang