5 Wisata Kuliner Khas Pati, Tidak Ada di Tempat Lain

Wisata Kuliner Khas Pati Jawa Tengah

PATI, Tribunwisata.com - Wisata kuliner khas Pati, Jawa Tengah yang tidak ada di daerah lain adalah Sego Gandul, Soto Kemiri, Mangut Ndas Manyung, Sego Tewel dan Petis Runting.

Kelima jenis masakan tersebut mungkin dapat dijumpai di kota-kota besar lainnya. Namun, lima kuliner tersebut merupakan khas Kabupaten Pati yang terkenal, legendaris dan paling populer.

Ada beragam jenis makanan dan minuman yang bisa travelers temui di tempat makan atau warung makan di Pati. Namun, yang paling khas dan asli banget dari Pati adalah Nasi Gandul, Soto Kemiri, Mangut Ndas Manyung, Sego Tewel dan Petis Runting.

1. Sego gandul
Nasi Sego Gandul Khas Pati

Wisata kuliner di Pati akan semakin lengkap bila travelers mencicipi nasi gandul yang bisa dijumpai di berbagai tempat di sepanjang jalan pantura. Desa Gajahmati, Kecamatan Pati Kota adalah tempatnya.

Masakan ini mirip semur sapi. Namun, disajikan di atas daun pisang. Travelers bisa pilih daging, lidah, jeroan, hati, dll. Makin enak dimakan dengan kerupuk, tempe dengan minuman teh hangat.

2. Soto kemiri
Soto Kemiri Khas Pati

Masakan ini begitu khas, karena tidak ditemukan di daerah lain. Disajikan dalam mangkuk kecil, potongan ayam utuh, tauge dan disiram dengan kuah khas kemiri yang menggoda. Coba deh pasti ketagihan.

3. Mangut Ndas Manyung
Mangut Ndas Manyung Khas Juwana Pati

Masakan ini bisa dijumpai di berbagai warung makan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Namun, belum lengkap rasanya jika tidak berburu di kawasan Kecamatan Juwana.

Travelers akan disuguhkan kepala ikan besar yang dimasak dengan cara mangut. Ini masakan khas pesisir Pati. Coba saja pesan satu porsi ukuran jumbo, dimakan bareng pacar, pasti romantis.

4. Sego tewel
Sego Tewel Khas Tambakromo Pati

Kuliner ini bisa ditemukan di Pasar Unggulan Pragola Pati. Namun, travelers akan kehilangan sensasinya jika tidak datang langsung ke kawasan Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, kawasan Pati selatan.

Meski hanya nasi dan daun nangka muda, rasanya luar biasa enaknya. Disajikan di atas daun jati, enak dimakan bareng kerupuk atau tempe. Presiden Jokowi aja suka sama sego tewel khas Pati ini.

5. Petis runting
Petis Runting Khas Pati

Petis runting adalah kuliner khas Pati yang tidak ditemukan di belahan dunia manapun. Tidak banyak orang yang tahu tentang masakan ini.

Balungan kambing yang disantap bersama kuah kental dari tepung beras kasar yang disangrai dengan puluhan bumbu rempah-rempah khas Nusantara, menciptakan satu sensasi wisata kuliner yang tidak ada duanya.

Cobalah datang ke kawasan Dukuh Runting, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati Kota atau Desa Payang, Wedarijaksa dan sekitarnya. Rasanya gurih menggoda.

Wisata kuliner khas Pati yang benar-benar asli dan legendaris tidak lepas dari 5 masakan di atas. Rugi kalau nggak coba pas lagi ngetrip atau liburan di Bumi Mina Tani.