10 Tempat Wisata Kuliner di Solo Paling Hits & Legendaris

selat solo mbak lies
Selat Solo Mbak Lies. (Dok. Net TV)

SOLO, Tribunwisata.com - Ada banyak tempat wisata kuliner di Solo yang paling ngehits, legendaris, terkenal dan populer yang menjadi langganan Presiden Jokowi, serta disambangi Bondan Winarno.

Tak hanya terkenal, 10 tempat wisata kuliner di Solo ini juga cocok sebagai tempat makan hits, tempat nongkrong yang cukup murah dan terjangkau, serta romantis banget saat makan bareng pacar.

1. Timlo Sastro
Warung yang terletak di Jalan Kapten Mulyadi, belakang Pasar Gedhe Solo ini menyajikan wisata kuliner khas Solo, seperti telor ayam kecap, jeroan ati, ampela ayam, sosis goreng yang tak hanya enak, tetapi mantap jiwa!

2. Nasi soto ayam gading
Tempat makan ini berlokasi di Jalan Gading Kidul, kawasan Alun-alun Selatan Kota Solo. Salah satu yang digemari Presiden Jokowi adalah teh nasigitel yang merupakan singkatan panas, legi dan kentel. Asli Solo banget, travelers!

3. Nasi pecel Grogol
Warung makan ini beralamat di sekitar Jalan Grogol. Ada sop matahari yang klasik dan membawa travelers pada masa lalu bila memutuskan wisata kuliner di sini. Coba deh.

4. Gudeg Ceker Mbak Yus
Tak hanya Jogja, Solo juga punya gudeg yang khas, yaitu dengan ceker ayam lengkap dengan tahu goreng. Alamatnya di seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

5. Bakmi Jawa Radjiman
Berlokasi di Jalan Dr Radjiman, seberang Masjid Fatimah, Surakarta, warung bakmi jawa legendaris di Solo ini begitu digemari travelers kuliner. Selain bakmie jawa, ada pula nasi mawut dan bestik Solo. Luar biasa enaknya!

6. Tahu kupat Solichin
Pengen makanan khas Solo dengan tahu dan kupat berkuah kecap kental? Cobalah datang ke alamat Jalan Gajah Mada, sebelah Masjid Solichin. Temukan bedanya dengan tahu kupat di daerah lain!

7. Selat Solo Mbak Lies
Lokasi warung makan ini terletak di sekitar Jalan Veteran. Kamu akan menemukan salah satu makanan khas asli Solo yang legendaris, dikenal sejak dulu. Selat Solo berupa fresh salad ala Surakarta.

8. Nasi Liwet Bu Sarmi
Pengen makan dengan sensasi tempo dulu dan tradisional? Cobalah nasi liwet langganan Presiden Jokowi ini di sekitar Jalan Lojiwetan, warung nasi liwet milik Ibu Sarmi.

9. Rujak Cingur Prabu
Travelers lagi sama pacar di sekitar Jalan Widuran, Solo? Coba deh mampir sebentar di sebuah warung rujak cingur prabu. Ada lotek dan gado-gado andalan di sana.

10. Sate kambing Hj Bejo
Wisata kuliner di Jalan Lojiwetan, Solo ini menjadi salah satu langganan Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Walikota. Warung ini dikenal dengan sate buntelnya yang khas dan asli Solo.

Wisata kuliner di Solo memang tidak lepas dari 10 tempat di atas. Namun, bukan Surakarta namanya jika tidak ada destinasi kuliner lainnya. Cobalah keliling Kota Solo dan temukan ribuan masakan khas Jawa lainnya. Dijamin asyik banget!