Wisata Petik Kurma Pasuruan Serasa di Timur Tengah

Wisata Petik Kurma Pasuruan

PASURUAN, Tribunwisata.com – Wisata petik kurma yang berlokasi di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan saat ini menjadi salah satu tempat berlibur paling populer dan ngehits di Jawa Timur.

Bila selama ini buah dan kebun kurma hanya dijumpai di kawasan Timur Tengah, kini travelers Indonesia bisa menikmati kurma sesukanya di wisata kebun kurma Pasuruan. Luar biasa bukan?

Objek wisata ini buka setiap hari, tetapi tutup pada hari Jumat. Kenapa? Mungkin saja karena Jumat merupakan hari istimewa dalam Islam bertepatan dengan shalat Jumat, sehingga tutup.

Lokasi
Dari Surabaya, lokasinya sebelum waterpark Saigon, setelah rel kereta api. Pengelola akan menjadikan kawasan ini sebagai wisata edukasi dan religi mirip seperti di Timur Tengah.

Wisata Kebun Kurma Pasuruan Jawa Timur

Tiket masuk
Hanya dengan tiket masuk seharga Rp 5.000, sangat terjangkau dan cocok untuk liburan bersama keluarga. Cocok juga mengajak pacaran, cukup romantis dan mengesankan, kok.

Tak cuma melihat banyak pohon kurma di lahan seluas 3,7 hektare, pengunjung juga bisa melihat pohon zaitun, sebuah tanaman yang tercantum dalam kitab suci umat Islam, Al Quran.

Selama ini, tanaman kurma tentu identik dengan sebuah daerah gurun pasir. Namun, di tangan HM Roeslan, pria 70 tahun, kawasan tersebut disulap menjadi kebun kurma yang indah, elok nan eksotis.

Di sana, ada pula replika pesawat Boeing 737 yang bisa menjadi ajang foto selfie bagi travelers. Pengunjung dapat masuk ke area pilot, serasa terbang di angkasa deh!

Ide untuk mengembangkan wisata petik kurma bermula ketika Roeslan melihat tanah di situ yang kering, sulit untuk dikembangkan. Terinspirasi dari wisata petik kurma di Thailand, kawasan tersebut akhirnya disulap menjadi tempat yang menakjubkan.

Objek Wisata Kebun Kurma Pasuruan

400 pohon kurma
Hingga berita ini turun, sedikitnya ada 150 pohon kurma yang tumbuh subur di sana. Pengelola rencananya akan terus menambah pohon hingga 400 pohon.

Adapun jenis kurma yang ditanam di kawasan obyek wisata tersebut, antara lain kurma Azwa dan sebagainya. Tak lama setelah dibuka, tempat wisata kebun kurma Pasuruan ini diserbu banyak pengunjung, jadi destinasi populer dan ngehits di Jawa Timur.

Purbosari, salah satu pengunjung asal Kota Surabaya mengatakan, destinasi wisata di sana masih cukup baru sehingga belum banyak pohon yang berbuah.

"Mungkin kalau sudah berbuah, bagus. Tapi, kalau belum berbuah atau buahnya masih kecil-kecil ya kurang bagus jadinya," ucapnya.