Pantai Indrayanti Jogja: tiket masuk, penginapan, peta lokasi & sejarahnya

Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Indrayanti di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata alam paling menarik, populer dan ngehits di kawasan Jogja. Berikut informasi mengenai penginapan, tiket masuk, peta lokasi dan sejarah lengkap.

Tiket masuk
Rp 10.000 per orang, sangat murah dan terjangkau dibanding pengalaman melihat panorama pantai yang begitu indah dan mempesona, tak kalah dengan Pantai Parang Tritis, Parangkusumo atau Pantai Kuta di Bali sekalipun.

Penginapan
Travelers dapat memilih penginapan atau hotel, baik di kawasan pantai atau di luar pantai. Adapun tarif penginapan atau hotel di kawasan objek wisata Pantai Indrayanti berkisar di harga Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu.

Jadi, pasangan suami-istri yang ingin honeymoon atau bulan madu dengan suasana alam pantai yang indah, bisa menginap di sejumlah penginapan di kawasan pantai. Sungguh romantis bila berlibur bersama pacar atau gebetan baru, tapi jangan yang aneh-aneh ya guys!

Jalan menuju dan peta lokasi
Jalan menuju Pantai Indrayanti sangat mudah dan mengasyikkan karena jalannya yang mulus. Lokasi tepatnya terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tebus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja.

Arahnya sama dengan Pantai Baron, Krakal, Sundak atau Kukup, yakni Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Arah Hutan Bunder - Gading - Longandeng - Siyono - Bunderan Tugu BPD atau Jalan Kyai Legi - Lingkar Selatan - Jalan Djojodiningrat - Jalan Giri Subo - Wonosari - Jalan Saptosari - Tepus.

Kalau sudah sampai Tepus, carilah pertigaan Desa Tepus. Kalau sudah sampai sini, aman. Cobalah tanya kepada penduduk setempat, atau ikuti arah dari pintu masuk timur maupun barat.

Coba dari pintu masuk barat ya? Dari Kota Wonosari, travelers bisa menuju ke arah pertigaan Mulo dan ikutilah arah menuju Pantai Baron, ada bangunan PDAM, ambil saja arah jalan menanjak menuju Pantai Kukup karena lokasinya sama.

Kendati jalur ini lebih lama, tetapi travelers dapat melihat, jalan-jalan ke sejumlah lokasi pantai-pantai dari atas, panorama dan viewnya sungguh menakjubkan.

Wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Fasilitas wahana
Ada berbagai wahana yang bisa travelers pilih, antara lain sebagai berikut:
1. Payung pantai dan tikar: Rp 20 ribu
2. Jetski: Rp 250 ribu per 15 menit
3. Gazebo: Rp 30 ribu
4. Toilet, WC, kamar mandi: Rp 2 ribu (buang air kecil), Rp 5 ribu (mandi)
5. Wahana bermain anak (gratis)
6. Cafe and restaurant, harga makanan biasanya dari Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu

Sejarah Pantai Indrayanti
Konon, pada zaman Majapahit, ada sepasang kekasih dari Desa Gunungkidul dan Wates. Dua kampung itu bertentangan, karena perebutan kekuasaan antardesa.

Praktis saja, hubungan keduanya tidak mendapatkan restu dari pihak manapun. Gelora asmara dan cinta keduanya tidak terbendung, sehingga janjian bertemu di pinggir pantai dan menikah lari, tanpa mendapatkan restu.

Mereka berangkat menggunakan perahu. Sang putri dengan setia menanti sang pangeran. Dia tertidur, karena angin pantai saat itu sepoi-sepoi.

Namun, gelombang ombak laut menggulung hingga menyeret sang putri ke tengah laut, hanyut dan meninggal dunia. Saat pangeran datang, dia hanya menemukan selendang sang putri.

Cinta dan kesetiaan sang pangeran membuatnya menunggu berhari-hari hingga berbulan-bulan, tanpa makan dan minum. Akhirnya pangeran lemas dan meninggal dunia.

Pangeran itu bernama Indra dan putri itu dikenal dengan Ratu Yanti. Karena warga menemukan keduanya sama-sama meninggal dunia dan tahu cinta keduanya, pantai tersebut dinamakan Indrayanti untuk mengenang keduanya.

Itulah asal-usul, sejarah dan legenda pantai Indrayanti. Namun, cerita dan kisah itu sebatas konon atau cerita tutur yang belum bisa dibuktikan akurasinya sebagai fakta sejarah.