Brown Canyon Kota Semarang, Panduan Wisata & Tiket Masuk

Brown Canyon Kota Semarang
Pesona keindahan Brown Canyon Kota Semarang. Foto: @arifitrohvalentino

Brown Canyon adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di kawasan Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kawasan Galian C ini mendadak menjadi tempat wisata favorit, setelah populer dan ngehits di Instagram.

Brown Canyon juga belum dibuka sebagai objek wisata resmi, karena penambangan pada pagi dan siang hari masih berlangsung. Sedangkan pengunjung biasa memadati kawasan ini pada sore hari.

Tak dipungkiri, Brown Canyon menawarkan satu pemandangan yang cukup luar biasa indahnya. Sisa-sisa galian C itu berbentuk pahatan tanah raksasa yang tinggi menjulang ke langit.

Dalam papan nama di tempat tersebut, terdapat tulisan perencanaan pembangunan Semarang Botanical Garden. Namun, belum selesai pembangunan, travelers lokal terutama anak-anak muda dan fotografer sudah membanjiri kawasan tersebut.

Harga tiket masuk
Sepeda motor: Rp 5.000
Mobil: Rp 10.000

Sebagai catatan, tiket masuk Brown Canyon sebetulnya tidak ada, karena belum dibuka secara resmi sebagai obyek wisata. Tapi, ketika travelers akan ke sana, pasti ditarik biaya parkir oleh seorang bapak yang berjaga di sana, dengan harga tiket masuk Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Brown Canyon Kota Semarang

Panduan wisata
Dimana lokasi Brown Canyon Semarang? Travelers tau Patung Kuda Ngesrep, Tembalang, kan? Lewat saja Sigar Bencah Meteseh.

Travelers juga bisa ambil rute dari Klipang atau Pasar Kambing. Dari Stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen, berjarak sekitar dua kilometer.

Rute Semarang Atas
Kalau dari Kampus Undip Tembalang - Jalan Banjarsari Raya - Sigar Bencah - lurus menuju arah perempatan Pasar Meteseh - cari perkampungan bernama Rowosari, masuk Jalan Rowosari Raya - Jalan Al Barokah - Jalan Al Iman II - Masjid besar Jami Al Aqsha - Jalan Krajan Raya - masuk melalui Jalan Legok I di sisi kiri.

Rute Semarang Timur
Jalan Dr Cipto / Masjid Agung Jawa Tengah - Jalan Fatmawati - RSUD Kota Semarang, kawasan Ketileng - perumahan Klipang - Klipang Golf - jembatan besi pertama dan ketiga - pertigaan - belok kanan (selatan) - ikuti jalan hingga sekitar 2 km.

Rute dari Simpang Lima, Mangkang, Kendal
Kawasan Meteseh - pertigaan Pasar Kambing - Mrican - Jalan Kedung Mundu - Sambiroto - pertigaan Intan Permai, kiri Jalan Elang - perempatan Pasar Meteseh - lanjutkan seperti rute pertama di atas.

Sebagai tips, bawalah kamera terbaik kamu untuk mengambil foto atau video. Boleh juga hanya memakai gadget seperti Android.

Sangat disayangkan bila travelers berkunjung ke sana, hanya menikmati indahnya Brown Canyon Kota Semarang tanpa selfie atau foto bersama.

Upayakan kendaraan Anda sepeda motor atau mobil jangan yang City Car ya. Kalau punya X-Trail lebih bagus lagi. Tapi bisa kok ke sana pake kendaraan motor bebek. Gimana? Mau coba berkunjung?