10 Cara Mengatasi Phobia Naik Pesawat, Kenapa Harus Takut?

Cara Mengatasi Phobia Naik Pesawat Kenapa Harus Takut

JAKARTA, Tribunwisata.com - Kenapa harus takut naik pesawat, bila kenyataannya sangat menyenangkan dan mengesankan. Bila travelers takut, berikut 10 cara mengatasi phobia naik pesawat paling ampuh, manjur dan mudah.

1. Menyibukkan diri
Saya takut naik pesawat. Penyebabnya adalah perasaan terbang di angkasa atau langit, kalau nanti jatuh bagaimana? Entah jatuh di laut, hutan, jalan atau pemukiman kayak di berita-berita.

Perasaan itu yang biasa menghantui dan menjadi penyebab takut naik pesawat. Stop! Jangan bilang saya takut naik pesawat, karena traveling, menjelajah ke berbagai tempat wisata di luar pulau atau luar negeri pasti menggunakan jalur udara.

Cara mengatasi phobia semacam ini, cobalah menyibukkan diri dengan membaca buku, novel, komik atau mendengarkan musik menggunakan headset. Lupakan bila kamu sedang terbang, meski tetap harus waspada dan penuhi standar keselamatan seperti pesan pramugari.

2. Buat diri nyaman
Mengapa orang takut naik pesawat? Ada banyak faktor, selain masalah phobia. Misalnya, telinganya sakit saat landing, takut jatuh, perasaan melayang di angkasa dan sebagainya.

Cara mengatasi paling mudah, di antaranya membuat diri senyaman mungkin. Misalnya saja, pakai kaos kaki dari wol, selimut atau bantalan penyangga leher atau ngemut permen.

3. Hindari minum kafein, perbanyak air putih atau jus
Sebelum berangkat, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein tinggi. Sarannya, jus buah atau air putih saja, ini akan membuat pikiran tidak was-was, jantung lebih relaks dan nyaman selama terbang di angkasa.

4. Saya sedang dimana?
Jaga-jaga itu perlu. Jadi, kamu lagi sedang di mana itu harus diperhatikan. Cobalah sempatkan diri membaca buku petunjuk keselamatan yang disediakan maskapai penerbangan.

Perhatikan saat pramugari memeragakan life jacket bila terjadi situasi darurat. Yang diperhatikan cara-caranya loh ya, jangan sampai gagal fokus malah terpesona dengan kecantikan pramugari yang seksi. Hehehe.. Boleh kok, bercanda.

Ketahuilah pintu darurat dan jalur menuju pintu exit. Kalau memang beneran masih takut banget, pilih saja duduk di gang atau diapit penumpang.

Padahal, sebagian besar redaksi Tribunwisata.com paling suka duduk dekat jendela, memandang indahnya awan, langit dan pegunungan dari atas. Kenapa harus takut?

5. Sering tarik napas panjang
Cobalah bernapas panjang agar oksigen bisa memenuhi paru-paru travelers. Sembari menarik napas panjang, berdoalah kepada Tuhan, yakin akan diberikan keselamatan.

6. Berbincang dengan teman
Mengapa orang takut naik pesawat? Salah satunya tentu karena faktor phobia, tetapi diam saja. Nah, mulai sekarang, cobalah berbincang dengan teman di sebelah dudukmu.

Kalau kamu cowok, beruntunglah kalau dapat teman cewek cakep. Kalau kebetulan orang tua? Nggak masalah, kita bisa menimba banyak pengalaman dari mereka.

7. Obat penenang
Ini adalah solusi terakhir, pakailah obat penenang yang aman dikonsumsi. Dengan catatan, harus atas konsultasi dokter supaya phobia naik pesawat hilang dan tidak takut lagi.

Yang ke 8, 9 dan 10? Masih ada banyak lagi, misalnya membawa kitab suci, bermain game portabel dari gadget atau HP yang dimode pesawat, atau memejamkan mata, tidur sejenak.

Cara mengatasi phobia naik pesawat mudah sekali bukan? Kenapa harus takut? Jangan takut lagi ya guys, supaya perjalanan wisata kamu akan semakin berkesan.