Wisata Sambil Belajar Peternakan Kambing Etawa Kaligesing

Wisata Sambil Belajar Peternakan Kambing Etawa Kaligesing

PURWOREJO, Tribunwisata.com - Kaligesing adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Di sana adalah pusat peternakan kambing unggulan etawa jenis lain yang dikenal dengan kambing kaligesing.

Salah satu yang menarik perhatian kami adalah pusat peternakan kambing kaligesing Gunungkelir Cipta Mandiri Farm and Agriculture Company, sebuah supplier dan perdagangan kambing etawa kaligesing.

Letaknya cukup jauh dari jantung kota, karena kami harus melewati pegunungan yang terjal. Beruntung, banyak tanaman pinus yang hijau, rimbun dan berjajar rapi melupakan kami pada medan yang cukup terjal.

Bila Anda menggunakan mobil, sebaiknya jangan pake sedan. Setidaknya MPV atau sport, semacam Pajero Sport, meski sejenis Avanza atau Innova pun tidak masalah. Berhubung kami menggunakan Fortuner, perjalanan cukup nyaman-nyaman saja.

Di sana, kami disambut Pak Totok Sugiarto. Kami melihat peternakan kambing etawa jenis Kaligesing super yang sangat bagus. Pejantan yang dijadikan indukan sangat besar, sebesar harimau.

Kambing etawa saat ini memang tengah populer, karena harganya yang sangat fantastis. Tidak hanya untuk kebutuhan daging, tetapi juga untuk kebutuhan seni seperti mengikuti kejuaraan, perlombaan atau kompetisi.

Susu yang dihasilkan kambing etawa juga sangat mahal, yaitu Rp 10 ribu untuk seperempat liter atau Rp 40 ribu per liter. Meski harganya cukup mahal, tetapi manfaat dan khasiatnya bisa dikatakan sebanding.

Kotoran kambing bisa dijadikan pupuk organik atau dijual dengan harga yang lumayan mahal per karungnya. Termasuk air kencing kambing etawa juga bisa dijadikan sebagai pupuk organik. Wah, istimewa!

Di peternakan kambing etawa kaligesing Gunungkelir Cipta Mandiri, fasilitasnya sangat lengkap karena seringkali menjadi jujugan mahasiswa yang belajar di sana. Ada toilet, musala, Wifi, hingga ruang rapat atau pertemuan. Bagi kami, kunjungan tersebut tidak sekadar belajar beternak kambing etawa, tetapi juga wisata.

Suasananya sejuk, asri, tenang dan nyaman karena jauh dari kebisingan kendaraan. Terlebih, ada beberapa kambing kecil yang lucu-lucu seperti boneka. Ini benar-benar wisata peternakan (agritourism) yang sangat menyenangkan! Mau coba?