Wisata Rawa Pening, Panduan Naik Perahu dan Tiket Masuk

Wisata Rawa Pening, Panduan Naik Perahu dan Tiket Masuk

SEMARANG, Tribunwisata.com - Rawa Pening adalah objek wisata berupa danau alami atau rawa-rawa yang terletak di kawasan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Salah satu aktivitas travelling yang paling menarik di sini adalah naik perahu, muter-muter mengelilingi indahnya danau alam yang penuh dengan mitos, misteri dan legenda ini.

Untuk mengeksplorasi indahnya Rawa Pening menggunakan perahu, traveler biasanya terlebih dahulu datang ke Kampoeng Rawa, sebuah kawasan tempat wisata terpadu yang menyediakan rumah makan ampung, pusat oleh-oleh, dan wisata mancing ikan di kolam.

Untuk masuk ke kawasan obyek wisata Rawa Pening, traveler harus membayar tiket masuk Kampoeng Rawa sebesar ini:

1. Tiket terusan hari biasa = Rp 90.000 per orang
2. Tiket terusan hari libur dan Minggu = Rp 100.000 per orang

Sebagai catatan, tiket terusan yang dimaksud, traveler sudah bisa menikmati berbagai fasilitas wahana permainan di sana, seperti naik kapal dan berbagai wahana menarik lainnya.

Bila traveler tidak membeli tiket terusan, cukup bayar tiket masuk biasa. Namun, bila ingin naik perahu dan keliling pesona rawa yang terkenal akan legenda dan misterinya ini, traveler dikenakan biaya Rp 100 ribu untuk maksimal delapan orang per perahu.

Karena itu, traveler bisa patungan mengumpulkan delapan teman. Jadi, cukup merogoh kocek Rp 12,5 ribu. Murah sekali, bukan?

Apa saja panorama yang bisa dilihat selama naik perahu mengelilingi danau alami yang sangat indah ini? Traveler disuguhkan satu pengalaman ekspedisi-eksplorasi danau yang luas yang dikelilingi pegunungan secara melingkar. Sungguh mempesona.

Nama Rawa Pening sudah sangat populer sejak lama. Misteri tentang sejarah ular naga Baru Klinting adalah sosok yang melekat pada destinasi wisata ini.

Singkat cerita, dikutip Tribunwisata.com dari berbagai sumber, Baru Klinting adalah anak dari seorang ibu yang hamil karena memangku pisau seorang resi. Dia digambarkan sebagai anak buruk rupa. Saat mendatangi ayahnya, Baru Klinting diminta untuk melingkari Gunung Merbabu.

Karena tidak sampai, lidahnya dipanjangkan, tetapi dipotong oleh ayahnya. Di kampungnya, Naga Baru Klinting juga menjadi bahan ejekan dan tertawaan orang sekampung. Tiba saatnya ada sayembara mencabut lidi.

Hanya Baru Klinting yang bisa mencabut lidi tersebut dan muncul sumber mata air yang sangat besar hingga menenggelamkan kampung tersebut. Itulah asal-usul terjadinya sebuah danau indah bernama Rawa Pening.

Wisata Apung Kampoeng Rawa

Wisata Apung Kampoeng Rawa
Alamat: Jalan Lingkar Ambarawa Km 3, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Kontak Nomor telepon / HP : 085-1001-70-152
Reservasi: Hari biasa = 08.30 - 16.30 WIB
Hari libur (weekend) = 09.00 - 15.00 WIB