Panduan Lengkap Cara Naik Pesawat bagi Pemula Lion Air

Panduan Lengkap Cara Naik Pesawat bagi Pemula Lion Air

Bagi pemula, naik pesawat terbang untuk pertama kalinya bisa dikatakan cukup membingungkan. Saya akan berbagi pengalaman cara naik pesawat lion air, mulai dari pesan tiket online atau e-ticket, masuk bandara ke bagian departure (keberangkatan), check in, boarding, hingga naik dan memakai sabuk pengaman.

Saat itu, saya dari kawasan Blok M, Jakarta Selatan ingin menuju Semarang. Otomatis, saya harus naik damri menuju Bandara Soekarno-Hatta. Damri saya pilih karena lebih murah, cukup Rp 40 ribu.

Coba bandingkan dengan naik taksi, pasti mahalnya minta ampun. Ini pengalaman saya pertama kali naik pesawat lion air dan tidak tahu caranya. Bingung, bukan?

Cari tiket online
Zaman serba modern dan canggih. Saya langsung cari e-ticket di berbagai situs yang murah. Dapatnya di Traveloka, waktu itu. Kamu juga bisa beli di sejumlah situs tiket, seperti tiket.com dan lain sebagainya.

Oke, sudah dapat. Cus berangkat ke Bandara. Di tiket online itu, ada informasi terminal mana yang harus dikunjungi. Kalau saya sih dapat terminal 1 A Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

cara check in pesawat lion air
Suasana check in pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. © Tribunwisata.com

Check in
Masuk saja ke bagian departure (keberangkatan), cari lokasi untuk check in. Biasanya antri. Di sana, saya menunjukkan e-ticket dari HP smartphone saya dan KTP. Saya mendapatkan tiket.

Waktu itu, barang bawaan saya sangat sedikit sehingga tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bagasi sehingga langsung saja menuju tempat menunggu pesawat.

Boarding
Setelah check in, saya menuju tempat menunggu pesawat. Di mana lokasinya? Lihat saja di tiket, di situ ada keterangan di mana harus menunggu boarding.

Jangan ketiduran atau ngantuk, ya! Pengalaman naik pesawat lion air, lokasi boarding berubah-ubah. Jadi harus dengerin suara embak-embak atau pengumuman terus. Awalnya, saya dapat lokasi boarding A14 di tiket, tapi di layar pemberitahuan jadi A7. Dan ... pengumumannya malah A8. Jadi harus simak baik-baik pengumuman, ya..

Kalau sudah terbiasa, cara naik pesawat bagi pemula sangat mudah. Tapi, kalau tidak terbiasa, apalagi pertama kali, wah bingung banget deh.

Naik pesawat
Cara memakai sabuk pengaman di pesawat? Gampang, mirip dengan pake sabuk pengaman di mobil. Cukup dikaitkan dan ditarik sampai pas pada lingkar badan kita.

HP di mode pesawat atau dimatiin, ya? Pengalaman saya, saya lupa mematikan HP, saat pesawat terbang ke awan, sinyal tiba-tiba hilang. Akibatnya, baterai langsung habis karena bekerja mencari sinyal tapi tidak ada sinyal. Lebih baik dimatikan saja.

Terlebih, HP yang menyala bisa mengganggu sinyal penerbangan sehingga diwajibkan untuk mematikan HP selama perjalanan. Saya suka berpetualang sehingga suka lihat pemandangan indahnya langit di antara awan-awan selama perjalanan di udara.

Kebetulan pas saya naik, cuaca sedang buruk. Beruntung tidak terjadi apa-apa dan selamat sampai tujuan. Cukup 1 jam lebih 10 menit, saya sudah sampai di Bandara Ahmad Yani Semarang. Cepat sekali bukan?

Turun saja, jangan sampai ada barang ketinggalan. Boleh deh kalau mau foto-foto selfie saat di bandara. Kalau saya sih malu, hehe. Wong naik pesawat aja kok. Hehe. Tapi, kalau kamu mau gak masalah kok. Banyak juga yang foto-foto, lalu diunggah ke Instagram, Facebook, Twitter, BBM, Whatsapp, dll.

Sampai di tempat tujuan, langsung ke arrival atau kedatangan. Mau ke kota? Saya sih pake Go-Jek lebih murah ketimbang taksi. Cukup install di aplikasi Android, dan pesan. Atau bisa Go-car.

Nah, itulah panduan lengkap cara naik pesawat terbang bagi pemula dari pengalaman pertama kali naik Lion Air sendiri. Dari check in, boarding, memakai sabuk pengaman, hingga membeli tiket dengan e-ticket. Kalau sudah tahu tips dan kiatnya, wisata ke mana-mana pakai pesawat menjadi sangat mudah. Selamat mencoba ya travelers! -- Dias, Depok.