Nikmatnya Sate Kambing Winong Tanpa Tusuk di Purworejo

Nikmatnya Sate Kambing Winong Tanpa Tusuk di Purworejo

PURWOREJO, Tribunwisata.com - Sate kambing menjadi salah satu menu wisata kuliner favorit di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Saat itu, kami melakukan perjalanan panjang untuk studi kambing etawa jenis Kaligesing di sejumlah tempat. Purworejo begitu hijau, asri, dan sangat sejuk di wilayah pegunungan.

Sepulang dari pusat peternakan kambing etawa kaligesing, kami melewati kawasan Winong Lor, Kecamatan Gebang. Perut keroncongan dan melihat ada warung sate kambing. Kami langsung memutuskan untuk turun dan bersantap di sana.

Kami langsung pesan sembilan porsi, karena kami rombongan bersama sembilan orang. Setelah menunggu cukup lama, sekitar 30 menit, hidangan sate kambing sembilan porsi tersaji di depan meja.

sate kambing

Uniknya, penyajian sate kambing Pak Mustofa tidak menggunakan tusuk. Potongan daging kambing yang sudah dibakar menggunakan kecap dan rempah-rempah pilihan, tersaji di piring tanpa tusuk.

Di atas sate tanpa tusuk, ada irisan mentimun dan bawang merah mentah atau brambang. Kecap dengan ulekan sambal pedas juga tersaji di piring yang lain.

Kami taburkan kecap bercampur sambel ulek di atas sate tanpa tusuk, aduk sebentar. Makan bareng nasi! Mak nyus! Kami juga pesan gule dan tongseng kambing.

sate kambing tanpa tusuk

Harganya cukup murah. Kami bersembilan, makan sembilan porsi sate plus nasi, tiga porsi gule kambing, teh dan jeruk, cukup dengan Rp 423 ribu. Harga yang cukup terjangkau untuk memuaskan sembilan orang yang tengah berburu kuliner di Winong, Gebang, Purworejo.

Wisatawan atau backpacker yang tengah melakukan perjalanan ke kabupaten yang bertetangga dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga bisa mengunjungi sate kambing tanpa tusuk Pak Mustofa sebagai salah satu agenda wisata kuliner di Purworejo.