7 Keunikan Wisata Pulau Santen Banyuwangi, Rute & Lokasi

Wisata Pulau Santen Banyuwangi
Sejumlah travelers Muslimah sedang foto selfie di pantai Pulau Santen Banyuwangi. Foto: banyuwangikab.go.id

BANYUWANGI, Tribunwisata.com  Pulau Santen Banyuwangi yang terletak di Desa Karangharjo, Glenmore saat ini menjadi tempat wisata halal berkonsep syariah terpopuler. Berikut informasi lengkapnya, mulai dari alamat, rute menuju lokasi, dan keunikannya.

Ada apa saja di tempat wisata syariah pertama di Indonesia ini? Apa kelebihan dan keunikan yang ditawarkan? Ada 7 hal yang menarik di objek wisata Pulau Santen Banyuwangi yang dirangkum tribunwisata.com untuk travelers sekalian.

Pasir hitam
Berbeda dengan pantai-pantai populer di Bali yang menawarkan pasir putih, Santen Beach justru menyuguhkan view dan nuansa yang berbeda, yaitu pasir hitam dengan air pantai yang jernih. Begitu alami.

Konsep syariah
Meski didesain dengan konsep halal tourism, bukan berarti pengunjung hanya orang-orang Islam-Muslim saja yang boleh datang. Namun, lebih kepada konsepnya, seperti makanan halal, tidak ada minuman keras, berhijab bagi perempuan, dan sejumlah peraturan syariah lainnya. Ini sangat menarik dan unik, karena pertama kali diterapkan di Indonesia.

Latar belakang pulau Bali
Lokasinya yang berada di ujung timur Pulau Jawa membuat Santen Beach memiliki pemandangan menakjubkan dengan latar belakang Pulau Dewata Bali. Tentu, suasana ini tidak bisa dijumpai di berbagai objek wisata manapun.

Lanskap pantai
Bonus geografi berupa pantai melengkung dengan lanskap yang sangat indah membuat Santen Beach begitu menakjubkan. Belum lagi, sejumlah nelayan tradisional yang mencari ikan terkesan sangat alami.

Sunrise terbaik
Salah satu spot terbaik untuk berburu sunrise di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah Pantai Santen. Menikmati pemandangan indah berupa sunrise ditemani jajaran pohon-pohon santen yang berjajar,lengkap dengan pulau Bali sebagai cakrawala.

Pohon santen
Hijaunya pohon santen semakin melengkapi kebutuhan traveling Anda di Banyuwangi. Gara-gara pohon ini, pulau yang indah mempesona ini dinamakan Pulau Santen. Nah, jadi tahu kan asal-usul dan sejarah kenapa dinamakan Pulau Santen?

Payung warna-warni
Hanya di objek wisata Pulau Santen, kamu bisa menemukan payung berwarna-warni nan eksotis. Keberadaan payung-payung ini seolah membuat kamu kayak raja atau ratu saja.

Kamu jomblo? Boleh deh cari pacar salehah di sini. Banyak gadis-gadis Muslimah berhijab yang cantik dan ayu berkunjung di Pulau Santen. Selain 7 keunikan di atas, masih banyak lagi kok.

Misalnya, ketika ada suara adzan, seluruh aktivitas wisata harus berhenti untuk menunaikan ibadah shalat berjamaah. Namanya juga destinasi wisata berkonsep halal tourism.

Letak lokasi
Alamat: Kelurahan Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411, Indonesia. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama, letaknya berada di wilayah perairan selat Bali.

Rute menuju pulau Santen Banyuwangi
Dari Roxy Mall, Anda bisa lewat berbagai jalur, salah satunya Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai. Selanjutnya, tanyalah kepada orang Warung Biru atau Hotel Slamet, nanti ambil Jalan Ikan Mas, menuju jalan Ikan Paus, dan belok ke Jalan Pulau Santen.