Objek Wisata Peninggalan Raja Ashoka dan Kemegahannya

Sanchi Stupa Objek Wisata Peninggalan Raja Ashoka dan Kemegahannya

Tribunwisata.com - Stupa Sanchi adalah objek wisata yang dibangun Raja Ashoka pada abad ke-3 sebelum masehi (SM). Lokasinya terletak di Kota Sanchi di Distrik Raisen District, Madhya Pradesh, India. Tepatnya sekitar 46 kilometer dari arah timur laut Bhopal.

Monumen Buddha yang menjadi situs warisan dunia UNESCO itu merupakan bangunan batu paling tua di India. Bentuknya indah dan megah bermahkotakan chatra, yaitu sebuah struktur semacam payung menyimbolkan keagungan dan derajat tinggi.

Konon, sesuai dengan bukti-bukti peninggalan dan catatan sejarah, pembangunan stupa Buddha tersebut diawasi istri Asoka, sang permaisuri Devi. Anda yang ingin traveling, wisata ria menyaksikan keindahan petilasan Sang Maharaja, bisa berkunjung sekitar pukul 08.00 hingga 19.00 waktu setempat.

Anda yang ingin mengabadikan foto, boleh membawa kamera DSLR, smartphone atau kamera apapun. Di sana, wisatawan juga disediakan petunjuk audio yang bisa memandu untuk mengenal lebih jauh apa yang ada di dalam situs peninggalan maharaja Ashoka.

Apa saja objek yang bisa dilihat turis di sana? Yaitu, stupa agung yang merupakan stupa nomor 1, stupa 2 yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan relik jenazah murid Buddha, stupa nomor 3, gerbang utara pada stupa utama yang memiliki relief dan struktur bangunan indah, rancangan stupa agung dengan tiang Ashoka, taman indah dengan pemandangan stupa Sanchi, biara 51, panel ukiran, serta beragam keelokan interior dan detail stupa.

Tidak hanya stupa, wisatawan juga bisa menemukan candi, chaitya, dan biara yang bermukim di dalam satu kompleks di wilayah perbukitan. Sebelum masuk tempat ini, traveler bisa memilih empat pintu gerbang.

Namun, biasanya pengunjung memilih pintu gerbang bagian selatan yang konon, menurut sejarahnya, adalah pintu gerbang paling tua selama pembangunan empat pintu masuk.

Kawasan objek wisata bersejarah ini berada di atas bukit, memberikan suasana yang damai, tenang, indah, dan begitu cantik-elok dipandang. Ada puluhan pilar, lima stupa besar, dan biara.

Di sini, Anda yang ingin backpaker-an, ada juga museum arkeologi yang di dalamnya terdapat koleksi seni ukir dari zaman Maharaja Ashoka. Lengkap sekali bila Anda ingin melacak jejak-jejak peninggalan Sang Maharaja yang dulu berhasil menyatukan sebagian besar anak benua India ini.

Ada pula guest house atau semacam asrama khusus anggota komunitas ikatan Hindu-Buddha se-Asia Tenggara, letaknya berada di antara pintu masuk. Di kawasan Peacefull ini terdapat empat lantai dengan atap kubah-kubah kecil dengan arsitektur khas Hindu-Buddha.

Di sekitar objek wisata bersejarah ini, wisatawan bisa menemukan banyak penginapan atau hotel-hotel yang biasa untuk menginap bagi turis asing maupun lokal.

Bila Anda ingin kembali melanjutkan perjalanan pulang menuju Bhopal, Anda bisa menggunakan bus dengan biaya sekitar 25 sampai 30 rupee per orang. Dari lokasi hotel sekitar objek Stupa Sanchi, Anda akan sampai ke Terminal Bhopal dengan waktu dua jam.

Selanjutnya, dari Bhopal, Anda bisa kembali menuju New Delhi menggunakan kereta api. Delhi Express, misalnya. Anda harus merogoh kocek sekitar 300 rupee untuk menggunakan kereta ini.

Situs Peninggalan Raja Ashoka

Hubungan kerajaan Asoka dengan Nusantara
Dunia mencatat, Maharaja Ashoka hidup pada zaman dahulu kala, sekitar 273 hingga 232 SM di sebuah daerah yang sekarang bernama India.

Banyak prasasti dan pilar-pilar atau situs yang ditemukan di sebagian wilayah di India. Namun, beberapa sejarawan ada yang mengaitkan hubungan kerajaan Asoka dengan Nusantara.

Di Provinsi Jawa Tengah, ada daerah bernama Keling di Kabupaten Jepara yang diduga pernah ada Kerajaan Kalingga, wilayah yang pernah ditaklukkan Magadha, Kerajaan Asoka. Ingat filmnya yang diperankan Shahrukh Khan dan Kareena Kapoor (Kaurwaki)?

Di Kabupaten Pati, ada kisah dan cerita tutur tentang perang Kerajaan Carangsoka dan Paranggaruda. Carangsoka diduga adalah nama seorang raja, yaitu Ashoka. Di Pati pula, ada nama sungai bernama Silugangga yang sekarang bernama Sungai Juwana, mirip sebuah sungai yang terkenal di India.

Candi Borobudur, ada yang menengarai sebagai salah satu bukti sejarah peninggalan Maharaja Ashoka, setelah beberapa sejarawan ada yang menduga peninggalan Nabi Sulaiman. Dalam konteks ini, Tribunwisata.com mengutip dari sebuah situs lokal di Pati.

Baca selanjutnya: Kerajaan Raja Ashoka Diduga Pernah Ada di Indonesia