Kebun Buah Naga Jolong, Tempat Wisata Ngehits di Pati

Kebun Buah Naga Jolong, Tempat Wisata Ngehits di Pati

PATI, Tribunwisata.com - Kebun buah naga yang terletak di kawasan agrowisata Jolong II, Kecamatan Gembong ternyata menyedot animo masyarakat untuk mengunjunginya. Sejak beredar di media sosial, kebun tanaman jenis kaktus dengan nama bahasa Inggris "Pitaya" ini menjadi tempat wisata yang lagi ngehits dan populer di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Meski awalnya pengelola memanfaatkan lahan di lereng Pegunungan Muria dari aspek agrobisnis, respons masyarakat untuk mengunjungi tempat tersebut sangat tinggi. Dalam sehari saja, sedikitnya seratus wisatawan lokal berdatangan ke tempat ini.

Beberapa traveler dan backpacker juga terlihat asyik menggunakan smartphone yang dibawa untuk mengabadikan momen di kebun buah naga dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dari ketinggian ini, pengunjung bisa melihat hamparan daratan Kabupaten Pati bagian bawah dari atas.

Gerdu pandang yang disediakan pengelola tidak luput dari sasaran traveler yang ingin mengambil spot foto terbaik. Beberapa pengunjung juga tampak asyik bersama sang pacar, beberapa di antaranya membawa suami-istri dan anaknya. Tempat ini cukup romantis untuk pacaran di Kabupaten Pati.

Bila tanaman berbuah, pengunjung diperbolehkan untuk memetik buah naga yang warnanya merah keunguan, begitu menggoda. Harga per kilogram menyesuaikan harga di pasaran, lebih murah tentunya. Inilah wisata petik buah di Bumi Mina Tani yang saat ini ngehits, populer dan terkenal sejak beredar di media sosial.

Chalies Anwar, salah satu pengunjung mengaku takjub dengan panorama perpaduan bukit di lereng Gunung Muria, lembah, dan daratan wilayah Pati dari atas. Kawasan ini disebut menyajikan satu pemandangan yang begitu memukau.

Sementara itu, Aning, salah satu traveler asal Wedarijaksa mengatakan, keindahan Waduk Gunung Rowo dan Seloromo bisa dilihat dari kebun buah naga. Hanya saja, kedua danau buatan yang berfungsi sebagai irigasi tersebut terlihat kecil bila dilihat dari atas.

Di sekeliling kebun, pengunjung juga bisa mengeksplorasi aneka tanaman di sana, terutama kopi. Perkebunan kopi tumbuh subur di sana. Penduduk setempat terkadang terlihat lalu lalang sepulang mencari rumput dan dedaunan untuk pakan ternak. Nuansanya begitu asri dan alami.

Biaya tiket masuk
Koordinator budidaya buah di perkebunan Jolong, Saripen memastikan tidak ada tiket, biaya atau tarif untuk masuk ke kawasan agrowisata Jolong II. Namun, pengunjung cukup dikenakan tarif parkir Rp 2.000 per kendaraan bermotor.

Rencananya, pihaknya akan menambah sejumlah fasilitas penunjang wisata, seperti kolam renang, gardu pandang, dan arena permainan. Dengan penambahan fasilitas, pengunjung diharapkan semakin banyak berdatangan tidak hanya dari lokal Pati, tetapi juga luar daerah.

Lokasi wisata
Arah menuju ke lokasi objek wisata kebun buah naga Jolong II cukup mudah. Dari kawasan wisata Gunung Rowo yang berada di Desa Sitiluhur, naik ke atas sekitar beberapa kilometer saja, melewati jalan perkampungan.

Sebaiknya Anda tanya kepada penduduk setempat bila masih kesulitan. Asal Anda tahu alamat Desa Sitiluhur, Anda pasti tahu lokasi wisata kebun buah naga. Yuk, datang dan mengeksplorasi setiap spot keindahan pemandangannya!