Ini Julukan Negara Singapura yang Benar dan Asal-usulnya

Ikon Negara Singapura Asal Usul Julukan

Julukan negara Singapura yang benar dan tepat adalah Kota Singa atau dalam bahasa Inggris, The Lion City. Dalam bahasa Mandarin adalah Shincheng. Bagaimana dengan sejarah dan asal-usulnya? Simak!

Sebagian pendapat menyebutkan, julukan Singapura adalah Negeri Seribu Larangan. Sebab, negera ini dikenal sangat ketat dan displin soal aturan-aturan yang harus dipatuhi rakyatnya.

Seorang traveler, Kurniawan saat berbincang dengan Tribunwisata.com mengatakan, warga Singapura sangat patuh dengan aturan-aturan yang ditetapkan negaranya.

Bahkan, banyak petugas kepolisian yang akhirnya menanggur akibat tidak ada warga yang melanggar aturan.

"Warganya sangat disiplin, mematuhi aturan. Lalu lintas sangat tertib dan hampir tidak ada tindak pidana kriminal. Udaranya sangat bersih, lingkungannya bersih, rasanya nyaman. Polisi jarang yang bertugas, karena hampir tidak ada kejahatan di sana," ujarnya saat wisata di Singapura selama tiga hari.

Baca juga: Ini Daftar Tempat Wisata di Singapura yang Populer

Kembali ke persoalan julukan, karena saking ketatnya aturan yang diterapkan negara tersebut, akhirnya mendapatkan julukan Negeri Seribu Larangan.

Namun, julukan ini tidak resmi dan sebatas sebagai buah bibir. Melihat pada sejarahnya, julukan Singapura yang resmi adalah Kota Singa.

Hal itu didasarkan pada asal-usul dan sejarah nama Singapura yang diambil dari kata "singa" dan "pura". Diambil dari bahasa Sansekerta, Shima adalah singa, pura adalah kota.

Pangeran Sang Nila Utama dari Kerajaan Sriwijaya adalah pendiri dan pemberi nama Singapura. Namun, studi sejarah membuktikan, hewan singa tidak pernah ada di pulau tersebut. Yang ada adalah harimau.

Namun, sampai saat ini, julukan yang tepat untuk Singapura ada The Lion City. Hal itu mendasarkan pada sejarah dan asal-usul namanya. Gimana? Tertarik wisata di negeri ini?