Panduan Wisata Grand Canyon Amerika, Objek Tempat, Paket, dll

Panduan Wisata Grand Canyon Amerika Objek Tempat Paket
Pesona keindahan tempat objek wisata Grand Canyon Amerika Serikat dari udara. Photo: flickr

AMERIKA SERIKAT, Tribunwisata.com - Grand Canyon adalah objek wisata berupa ngarai tebing terletak di utara Arizona, Amerika Serikat. Ada banyak paket untuk menuju tempat wisata berupa jurang tebing terjal sepanjang 446 km dengan lebar 6-29 km dan kedalaman 1,6 km ini. Berikut panduannya.

Untuk mencapai tempat ini, seperti dikutip dari Kompas.com, traveler menggunakan kendaraan minivan dari Las Vegas selama 2,5 jam. Biasanya, wisatawan pindah bus kemudian melanjutkan perjalanan selama 40 menit hingga sampai di starting point dari sisi barat atau disebut dengan west rim Grand Canyon.

Ada dua pilihan bagi traveler yang ingin menikmati keajaiban dunia Grand Canyon ini, yaitu dari sisi west rim atau south rim. Nah, dari starting point, pengunjung bisa naik menggunakan shuttle bus mengelilingi wilayah west rim, salah satunya ke Hualapai Ranch.

Sebagai panduan wisata, traveler atau backpacker bisa keliling menikmati indahnya Grand Canyon melalui tiga hal, yaitu jalur darat, air menggunakan sungai atau udara menggunakan helikopter.

Untuk naik helikopter melihat indahnya pemandangan Grand Canyon dari atas udara, wisatawan harus membayar tiket harganya sekitar 200 USD (dollar Amerika). Paket wisata ini jika dirupiahkan dengan kurs Rp 13.000 per dollar, berarti kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 2.600.000.

Paket wisata itu juga berlaku bila traveler ingin keliling melihat mahakarya Grand Canyon menggunakan perahu menyusuri sungai Colorado. Tiketnya satu paket wisata dengan naik helikopter, yaitu 200 USD.

Kalau kamu liburan atau piknik bersama keluarga, pacar atau teman-teman komunikasi, satu helikopter bisa ditumpangi enam orang. Dua penumpang di samping pilot dan empat orang di belakang pilot. Kamu akan diajak terbang di udara menikmati indahnya pemandangan Grand Canyon selama sekitar 8 menit.

Setelah helikopter mendarat di dekat Sungai Colorado, kamu bisa menyusuri sungai Colorado dengan menyaksikan dinding-dinding tebing Grand Canyon. Air sungai warnanya coklat. Kamu akan dibawa oleh guide dari suku Hualapai, penduduk asli sekitar Grand Canyon menggunakan semacam perahu.

Di sini, kamu akan merasa puas karena akan menyusuri sungai Colorado dengan pemandangan Grand Canyon selama 15 menit. Setelah itu, kamu bisa kembali ke starting point, naik shuttle bus dan keliling melihat pemandangan menakjubkan lewat darat.

Sopir bus akan bercerita dan berkisah tentang apa yang saja mengenai Grand Canyon, termasuk soal asal-usul, sejarah, tradisi dan budaya yang ada di sana. Eagle point adalah salah satu lokasi yang tepat, yaitu kamu bisa melihat tebing berbentuk burung elang yang mengepakkan sayapnya.

Tempat Objek Wisata Grand Canyon Amerika Serikat
Menyusuri sungai Colorado di obyek wisata Grand Canyon menggunakan perahu. Photo: goodfreephotos.com

Skywalk Grand Canyon
Salah satu hal yang paling menakjubkan saat kamu bersama keluarga, pacar atau teman adalah membeli paket wisata ke skywalk.

Apa itu skywalk? Adalah jembatan gantung melingkar, menjorok ke atas sungai Colorado Grand Canyon dengan dinding dan lantai kaca. Jadi, wisatawan seolah-olah berjalan di atas ketinggian 1,2 kilometer, melihat dasar jurang, seolah-olah kita berjalan di awan atau udara.

Berapa biaya atau harga tiket untuk berada di jembatan kaca Grand Canyon? Murah banget kok! Yaitu sekitar 30 dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 390 ribu dengan kurs Rp 13 ribu per 1 USD.

Namun, kamu tidak bisa foto-foto bebas di sana menggunakan kamera sendiri. Tapi tenang saja. Kamu disediakan fotografer. Namun, kamu harus membayar 30 USD lagi. Harga itu hanya itu satu foto.

Kalau kamu ingin foto sepuasnya yang ditaruh dalam satu flasdisk, kamu harus membayar seharga 80 dollar AS. Wah, bayar lagi, bayar lagi. Tidak apa-apa, kapan lagi kita foto seolah-olah melayang di atas Grand Canyon?

Itulah artikel panduan wisata untuk wisatawan, traveler, backpacker yang ingin liburan dan piknik bersama keluarga, pacar, teman-teman di tempat objek wisata Grand Canyon Amerika Serikat lengkap dengan paket-paket yang ditawarkan, dll.