7 Kota Paling Misterius di Indonesia yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

7 Kota Paling Misterius di Indonesia yang Menarik Dikunjungi Wisatawan
Kabupaten Pati berlambang keris dan kuluk menjadi salah satu kota misterius di Indonesia versi On The Spot Trans 7

JAKARTA, Tribunwisata.com - Nusantara yang terhampar luas dari Sabang sampai Merauke menyimpan sejuta potensi wisata yang sangat mengagumkan. Bahkan, ada 7 kota paling misterius di Indonesia yang justru menarik dikunjungi wisatawan, baik turis asing maupun lokal domestik.

Di Indonesia juga disebut-sebut ada kota Atlantis, sebuah kota dengan peradaban yang sangat tinggi tetapi kemudian musnah ditelan bencana besar dengan mencairnya kutub es dunia. Namun, sejarah tentang kota Atlantis di Indonesia masih menjadi misteri.

Lantas, mana saja tempat-tempat paling misterius di Indonesia? Berikut ulasannya yang dirangkum redaksi Tribunwisata.com dari berbagai sumber, termasuk dari On The Spot Trans 7. Lokasinya tersebar, mulai dari Kota Gaib Saranjana, Kalimantan, di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan lainnya.

1. Kota Gaib Saranjana
Terletak di Kalimantan Selatan, Kota Saranjana sudah lama dikenal sebagai tempat yang angker bagi masyarakat Borneo. Kawasan ini disebut-sebut Kota Gaib.

Saranjana adalah pulau kecil yang sebetulnya menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Namun, tidak ada penduduk di sana. Orang percaya, pulau kecil itu dihuni oleh makhluk halus sebangsa jin sehingga dinamakan Kota Gaib.

Salah satu cerita dan kisah mistis dari Kota Saranjana adalah ada pebisnis Jakarta yang akan mengantarkan alat berat yang dipesan seorang warga dari Kota Saranjana. Setelah diantar, dicari-cari, ternyata tidak ada. Pemerintah Kota Baru sempat dibuat bingung dengan kejadian nyata tersebut.

Bagaimana? Backpacker, turis, wisatawan, penjelajah apakah Anda tertantang untuk mengeksplorasi keindahan Kota Gaib Saranjana? Siapa tahu bisa menjadi tempat wisata angker paling menarik untuk dikunjungi, bukan?

2. Kota Pati
Kabupaten Pati terletak di bagian utara Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Jepara, Kudus, Rembang, Blora dan Grobogan. Daerah ini dikenal dengan julukan Kota Seribu Paranormal.

Pati juga dikenal dengan surga wisata religi, mulai dari Makam Syekh Ahmad Mutamakkin yang banyak diziarahi pejabat, menteri hingga presiden, Makam Syekh Jangkung atau Saridin di Kayen, hingga Makam Nyai Ageng Ngerang di Tambakromo.

Kota Seribu dukun ini secara geografis dikelilingi makam-makam waliyullah. Di barat, ada Makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Demak, Sunan Kudus di Kabupaten Kudus, dan Sunan Muria yang terletak di puncak pegunungan Muria. Di Pati sendiri, banyak ditemukan lokasi-lokasi angker yang bisa dijadikan tempat wisata spiritual paling menarik.

Bahkan, Pulau Seprapat yang berada di Kecamatan Juwana banyak didatangi orang untuk mencari pesugihan yang dikenal dengan pesugihan kera. Hanya saja, tentu tidak semua orang tiba-tiba dikabulkan dan mendadak kaya raya. Pati memang menyimpan pesona wisata religi yang menjadi salah satu kota paling misterius di Indonesia.

Di Hutan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati juga dikenal dengan adanya istana kerajaan gaib yang dikenal dengan Alas Nglamin. Ada banyak kejadian mistis yang menyeramkan di sini. Seperti banyak orang yang bekerja di kota gaib Nglamin, tetapi ternyata adalah hutan. Banyak pula orang yang didatangkan untuk pentas wayang atau ketoprak di Kota Nglamin yang ternyata adalah hutan. Penasaran ingin membuktikan, menjelajah wisata di Kota Gaib yang terletak di Pati ini?

3. Kota Pontianak
Nama Pontianak sendiri asal-usulnya berasal dari kata pontianak yang dalam bahasa Jawa bisa disebut kuntilanak. Ya, kota yang berada di garis Khatulistiwa ini memang kental dengan sejarah, cerita dan kisah mistis.

Dulu, Kota Pontianak adalah kawasan hutan belantara yang berada di tiga persimpangan sungai, yaitu Sungai Kapuas, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Landak. Di sini, ada puluhan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi turis.

4. Kota Ketapang
Padang 12 adalah sebuah kawasan di Kota Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang luasnya mencapai 12.000 meter persegi. Namun, tidak ada penduduk di daerah ini. Yang ada, hanyalah hamparan rumput, ilalang dan pepohonan yang sepi dan sunyi.

Konon, kawasan ini dihuni banyak jin, kemungkinan terdapat kerajaan jin sehingga banyak ada penampakan dan gangguan kepada warga yang melintas. Namun, warga setempat justru menyebut makhluk halus itu sebagai manusia kebenaran.

Penampakan fisiknya, tidak memiliki hidung mirip tokoh Voldemort dalam kisah Harry Potter. Warga setempat menamakan manusia kebenaran tersebut, orang Limun yang berarti manusia jujur, suci dan taat beribadah. Apakah semacam dewa? Malaikat? Tertantang berkunjung dan menggelar ekspedisi wisata gaib di sini?

5. Kota Yogyakarta
Selain surga wisata alam dan budaya, Jogja juga menyimpan segudang misteri. Kota ini tidak lepas dari sebuah ritual dan tradisi mistis yang sangat kental, seperti jamasan pusaka bersejarah, keris, larung sesaji untuk penguasa Pantai Selatan Nyi Roro Kidul, hingga tradisi malam satu syuro menggelar upacara di daerah wisata Kaliurang.

Selain Jogja, Solo sebetulnya bisa dikatakan kuat dengan tradisi dan budaya Jawa-nya yang mistis. Uniknya, tradisi dan budaya yang penuh dengan misteri di Jogja dan Solo justru menarik wisatawan, baik turis asing dari berbagai negara di dunia hingga wisatawan domestik, lokal.

6. Banyuwangi
Banyuwangi adalah Kabupaten yang terletak paling ujung timur pulau Jawa. Mirip dengan Bali, masyarakat Banyuwangi kental dengan nuansa klenik, mistis dan berbau spiritual. Sebab, penduduknya masih menjaga tradisi, adat istiadat dan budaya.

Dulu, daerah yang mendapatkan julukan Kota Santet ini dikenal dengan praktik perdukunan, klenik, santet, teluh, sihir atau tenung. Wah, seperti film Harry Potter, ya? Bahkan, publik sempat dikejutkan dengan tragedi santet Banyuwangi di mana ratusan dukun dibantai pada tahun 1998.

Namun, Banyuwangi saat ini memanfaatkan kekayaan tradisi dan budayanya sebagai potensi wisata yang luar biasa. Kota ini saat ini dikenal dengan sejuta tempat wisatanya yang dikenal dunia, setara dengan Pulau Dewata Bali.

7. Kota Gaib Blora
Alas Bonggan adalah hutan jati yang dikenal sebagai tempat angker dan mistis di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tempat menyeramkan di Blora ini pernah menyesatkan Bus Sumber Kencana, truk Semen Gresik, truk PT Varia Usaha, hingga pengendara yang lewat kawasan hutan ini.

Banyak orang berpendapat, alas bonggan adalah kota gaib-nya Blora yang penuh dengan misteri. Di sana, diyakini batas dunia nyata dengan dunia gaib begitu tipis. Orang barat menyebut peristiwa aneh bus yang masuk ke dalam hutan tanpa jalan sebagai peristiwa mesin waktu.

Sangat tidak tidak masuk akal. Bagaimana bus besar bisa tersesat di tengah hutan tanpa ada jalan. Anehnya, badan bus tidak ada yang lecet dan rusak. Petugas yang mengevakuasi pun harus menebang pohon satu per satu. Aneh tapi nyata. Anda yang penasaran bisa mencoba datang ke sana untuk berekspedisi wisata gaib. Sangat menantang!

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Pesonanya Bagai Surga!

Itulah 7 Kota Paling Misterius di Indonesia yang mungkin sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Takut atau malah tertantang datang ke spot-spot angker dan mistis tersebut? Selamat liburan, guys!