10 Tempat Wisata di India Paling Menarik, Mumbai, Delhi, Bangalore Murah

Objek Wisata Taj Mahal India Paling Indah
Taj Mahal, tempat wisata di India paling menarik. Masuk dalam 7 Keajaiban Dunia. Foto: Wikipedia

INDIA, Tribunwisata.com - 10 tempat wisata di India paling menarik tersebar di berbagai kota, dari Mumbai, New Delhi, Jaipur, Agra hingga Bangalore. Di kota-kota itu, kamu akan menikmati wajah India sesungguhnya. Ada banyak paket wisata murah di sana.

Taj Mahal
Terletak di Agra, Taj Mahal adalah ikon pariwisata di Negeri Hindi yang selalu menjadi satu di antara 7 keajaiban dunia (seven wonders of the world). Bangunan ini menjadi simbol dan landmark Negara India.

Berada tidak jauh dari New Delhi, Taj Mahal dikunjungi jutaan wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Bangunan raksasa yang sangat megah nan indah mempesona itu sangat bersejarah, dibangun atas nama cinta. Inilah objek wisata di mana kamu akan menikmati wajah India sesungguhnya.

Sebagai tips, berkunjunglah ke bangunan yang didirikan Kaisar Mughal Shah Jahan kepada istri ketiganya, Mumtaz Mahal itu saat matahari terbit. Kamu akan menemukan keindahan dan pemandangan paling elok di bangunan yang masuk dalam Unesco World Heritage itu ketika matahari terbit.

Qutab Minar Menara Masjid Tertinggi di India
Qutub Minar, masjid peninggalan Islam kuno dengan menara tertinggi di India. Foto: Wikipedia

Qutab Minar
Berlokasi di New Delhi, objek wisata yang juga disebut dengan Qutab Minaret adalah menara masjid tertinggi di India yang berdiri seribu tahun yang lalu. Tempat ini masuk dalam situs warisan budaya dunia Unesco dan disebut-sebut sebagai peninggalan peradaban Islam kuno di India.

India Gate Monumen Perang Dunia 1 dan Afganistan India
India Gate, monumen nasional untuk mengenang pahlawan yang gugur perang dunia 1 dan Afganistan. Foto: Wikipedia

India Gate
Ingin menikmati wajah India sesungguhnya? India Gate salah satunya. Tempat ini berbentuk tugu, pintu gerbang masuk seperti Arc de Triomphe di Paris. Monumen nasional India Gate didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan India yang gugur dalam perang dunia pertama, termasuk perang dengan Afganistan.

Delhi Metro
Di sini, kamu akan menikmati kereta dan stasiun yang sangat rapi dan bersih. Beda dengan suasana, kondisi dan pemandangan di jalanan serta pasar New Delhi yang sangat berantakan dan berdebu. Cobalah menuju stasiun dan beli tiket di sana.

Tempat Ibadah di New Delhi
Ada sejumlah tempat menarik di Delhi, terutama tempat ibadah yang wajib Anda kunjungi. Di antaranya, Sikh Temple Garudwara Bangla Sahib, Jama Masjid, dan Sacred Heart Cathedral. Cukup menyenangkan bisa berkunjung di tempat suci tersebut.

Objek Wisata Gateway of India Mumbai
Pesona destinasi wisata Gateway of India di Mumbai. Photo: Flickr

Gateway of India
Terletak di Mumbai, monumen ini dibangun pada tahun 1911 untuk memperingati kedatangan King George ke-5. Posisinya yang menghadap laut, membuat monumen Gateway of India ini seperti pintu gerbang masuk menuju India. Lokasinya berada di Mumbai bagian selatan, menghadap laut Arabia. Luar biasa keren!

Bollywood Tour
Masih tempat wisata di Mumbai, ada biro perjalanan bernama Bollywood Tour yang mengajak pengunjung ke studio film, lokasi syuting artis-artis ganteng dan cantik India, termasuk rumah para artis (tapi dari luar saja). Kamu nge-fans dan ingin bertemu Shahrukh Khan di India? Cobalah ikut bollywood tour, siapa tahu mimpi kamu jadi kenyataan. Ketemu idola Shahrukh Khan, King of Bollywood.

Jantar Mantar Observatories
Terletak di New Delhi dan Jaipur, Jantan Mantar Observatories adalah sebuah kawasan yang dibangun sebagai observatorium untuk mempelajari ilmu perbintangan, antariksa, atau luar angkasa. Didirikan pada tahun 1700-an, objek ini punya sejumlah instrumen yang menggambarkan hari-hari dalam kalender, pergerakan bintang, hingga jam matahari.

Wisata Belanja di Fashion Street Market Mumbai India
Suasana belanja di Fashion Street Market, Mumbai. Photo: stockpicturesforeveryone.com

Wisata Belanja di India
Kamu ingin berbelanja dan jalan-jalan? Cobalah datang ke sejumlah pasar, mulai dari Fashion Street Market di Mumbai, Chandni Chowk Market dan Mall di kawasan Saket New Delhi, Chor Bazaar, Crawford Market, Johari Bazaar dan Triton Mall Jaipur, hingga Fabindia Boutique yang bisa kamu temukan di sejumlah kota, seperti New Delhi, Mumbai, Agra, Jaipur, dll.

Makanan fast food
Ada sejumlah tempat kuliner fast food di India. Misalnya, KFC, Pizza Hut, McDonal's, hingga Domino's Pizza. Kalau kamu pengen pesan dengan citarasa dan sensasi khas India, di sini ada kok makanannya yang dipadukan dengan bumbu-bumbu ala India. Ini hanya tempat singgah saja, tetapi bukan objek wisata utama. Sebab, resto fast food tersebut ada di berbagai negara sehingga kamu tidak akan menikmati wajah India yang sesungguhnya.

Itulah 10 tempat wisata di India murah yang direkomendasikan, paling menarik, terpopuler, paling banyak dikunjungi. Dari Mumbai, New Delhi, Jaipur, hingga Agra, tidak termasuk Bangalore. Ada banyak paket wisata murah di sana.