Wisata Museum Kretek Kudus, Sejarah & Jejak Kekayaan Nusantara

Wisata Museum Kretek di Kabupaten Kudus

KUDUS, Tribunwisata.com - Museum Kretek adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi, direkomendasikan, selain destinasi wisata religi di Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Kenapa? Sebab, Museum Kretek yang berlokasi di alamat Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kudus ini adalah satu-satunya museum rokok yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tidak akan menemukan museum sejenis di Jakarta sekalipun.

Karena itu, liburan di Kota Kretek Kudus sangatlah rugi bila tidak mampir di sini. Ada sekitar 1.195 koleksi yang ada dalam museum yang menjadi bukti sejarah dan jejak kekayaan Nusantara akan rempah-rempah yang diperebutkan bangsa-bangsa asing, dari Portugis, Inggris, Belanda, hingga Jepang.

Lantaran suatu alasan, Museum Kretek Kudus sempat ditutup. Namun, kini sudah dibuka untuk wisatawan, pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin mengetahui jejak peradaban rokok dan kekayaan Nusantara, mulai dari tembakau, cengkeh, jagung, dan beragam sumber daya alam (SDA) Indonesia lainnya.

Apa yang bisa dilihat dan ditemukan di Museum Kretek Kudus? Wisatawan akan menyaksikan koleksi benda-benda kuno yang pernah digunakan untuk membuat rokok kretek tradisional, produk rokok kretek yang dibuat pertama kali pada tahun 1908, mesin produksi rokok yang sangat jadul, diaroma-diaroma indah yang menceritakan masyarakat memetik hingga membuat kretek.

Museum Kretek menjadi simbol kebudayaan masyarakat Kudus, sekaligus menyuguhkan jejak kekayaan Nusantara berupa produk rokok yang menjadi komoditas menjanjikan di Indonesia, bahkan dunia. Maka tidak heran bila pemilik Djarum dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia.

Produk kretek asal Kudus tidak hanya dikonsumsi warga Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia, dari Asia, Amerika, Australia, Eropa, hingga Afrika. "Museum ini dibuat, didirikan bertujuan untuk menunjukkan kretek berkembang pesat di Tanah Jawa, khususnya Kabupaten Kudus. Pengunjung akan disuguhkan 1.195 koleksi yang menceritakan sejarah dan peradaban kretek dari waktu ke waktu," ucap Suryanto, Kapala Museum Kretek Kudus.

Diaroma Koleksi Museum Kretek Kudus

Koleksi Museum Kretek
Dari ribuan koleksi yang bisa dinikmati wisatawan, salah satunya adalah alat-alat tradisional dan bahan rokok kretek, kiprah Nitisemito sebagai pendiri pabrik rokok Bal Tiga, benda promosi kretek pada zaman dulu sampai sekarang, foto-foto para pendiri pabrik rokok, serta hasil yang diproduksinya, hingga diaroma-diaroma cantik yang mengkisahkan proses pembuatan rokok kretek.

Sejarah Museum Kretek
Potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) di Kudus yang luar biasa membuat Soepardjo Rustam, Menteri Dalam Negeri pada zaman Presiden Soeharto yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah menggagas museum.

Gagasan itu dicetuskan ketika Soepardjo Rustam melihat kontribusi bisnis rokok kretek yang punya potensi besar dalam menggerakkan ekonomi daerah, sekaligus nasional. Atas prakarsa tersebut, Museum Kretek akhirnya dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare yang didanai oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK).

Fasilitas dan Wahana
Selain ribuan koleksi yang ada di dalam museum, pengunjung bisa menikmati sejumlah wahana dan fasilitas yang disediakan, seperti waterboom, mini movie, rumah adat dan semacam surau gaya khas Kabupaten Kudus, hingga ember tumpah waterpark.

Fasilitas penunjang wisata lainnya adalah gerai atau toko suvenir, mushola, kantor administrasi, area parkir yang cukup luas, kantin dan kios kuliner, taman bermain untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Foto Patung Koleksi Museum Kretek Kudus

Profil Wisata Museum Kretek
Alamat lokasi / letak : Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Nomor telepon / HP : 0291-440545
Faximile : 0291-435958
Jam buka : Buka setiap hari jam 07.30 - 16.00 WIB
Harga tiket masuk :
Hari biasa : Rp 1.500 / orang
Weekend (Minggu / Hari Libur) : Rp 2.000 / orang

Peta Lokasi Museum Kretek
Jika Anda dari Jawa Timur, Anda harus melewati Rembang dan Pati. Bila dari Semarang, lewati Demak, dan masuk Kudus Kota, cari Kecamatan Jati. Berikut peta yang bisa menjadi panduan untuk mencari arah letak dan lokasi obyek wisata Museum Kretek.