Tugu Jogja, Tempat Wisata Menarik & Romantis di Malam Hari

Image Tugu Jogja, Tempat Wisata Menarik Romantis di Malam Hari

YOGYAKARTA, Tribunwisata.com - Tugu Jogja yang menjadi landmark dan ikon Kota Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata menarik dan romantis di malam hari. Cocok untuk melepaskan penat bersama sang pacar, kekasih pujaan hati.

Lokasi Tugu Jogja berada di tengah-tengah perempatan antara Jalan Jendral Soedirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Diponegoro, dan Jalan Mangkubumi. Di malam hari, kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, mancanegara, mahasiswa, pelajar, warga setempat, maupun muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu bersama sang pacar.

Sebagai panduan wisata, Anda bisa duduk di bangku yang tersedia di sana, menghadap tugu. Bangku tersebut berlokasi di Jalan Pangeran Mangkubumi. Anda bisa memandangi indahnya Tugu Jogja dengan segenap arti dan makna filosofis yang terkandung di dalamnya.

Tugu Jogja yang disebut juga Tugu Golong Gilig memiliki arti dan makna "Manunggal ing Kawula lan Gusti". Filosofi Jawa ini mengajarkan kepada manusia untuk memiliki semangat persatuan antara pemimpin dan rakyatnya. Hal itu terlihat dari arsitektur bangunan yang secara tegas berbentuk silinder pada bagian tiangnya, puncaknya berbentuk bulat.

Keberadaan Tugu Jogja setua eksistensi Keraton Yogyakarta, karena dibangun sehari sesudah pembangunan Kraton. Sayangnya, tugu yang memiliki tinggi 25 meter ini sempat runtuh akibat gempa bumi yang melanda Kota Gudeg pada 10 Juni 1867.

Terlebih, kolonialisme Belanda telah merubah bangunan ini pada sekitar tahun 1889. Sejak itu, Tugu Jogja menjadi kerucut yang sangat runcing pada bagian puncak, ketinggian menjadi 15 meter. Sejarah mencatat, Belanda kemudian memberi nama De Witt Paal atau disebut juga Tugu Pal Putih.

Namun bagaimana pun juga, Tugu Jogja adalah monumen, ikon dan landmark Kota Yogyakarta yang sangat tua. Warisan kekayaan budaya leluhur Jawa-Nusantara yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Tugu Jogja menjadi saksi bisu kehidupan malam di Jogjakarta. Tempat ini menjadi jujugan wisata di malam hari, tempat kongkow, hangout, melepas penat sembari memaknai keelokan arti filosofis yang terkandung di dalamnya. Sungguh mahakarya yang luar biasa eloknya.

Bila Anda ingin menikmati keindahan bangunan Tugu Jogja dengan udara segar dan bebas dari lalu lalang kendaraan, sebaiknya kunjungi tempat ini antara jam 05.00 WIB hingga 06.00 WIB. Namun, bila ingin mencari tempat menarik dan romantis di Jogja di malam hari, kunjungilah Tugu Jogja.

Profil Wisata Tugu Jogja
Alamat lokasi: Perempatan Jalan Jendral Soedirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Diponegoro, dan Jalan Mangkubumi, Yogyakarta
Nomor telepon / HP : -
Harga tiket masuk : gratis
Jam buka : 24 jam