Serunya Wisata Berenang dengan Ikan Hiu di Karimunjawa!

Serunya Wisata Berenang dengan Ikan Hiu di Karimunjawa

KARIMUNJAWA, Tribunwisata.com - Penangkaran ikan hiu jenis blacktip reef shark menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Pulau Menjangan Besar, ketika menghabiskan waktu liburan di Karimunjawa. Yuk, simak serunya berenang dengan hiu di Karimunjawa!

Pulau Menjangan Besar yang masuk ke dalam Kawasan Balai Taman Nasional Karimunjawa, berlokasi 15 menit sebelah selatan Pulau Karimunjawa, dipisahkan selat yang cukup sempit. Kolam penangkaran ikan hiu jenis blacktip reef shark ini menjadi jujugan wisatawan lokal maupun asing untuk menikmati sensasi liburan dengan berenang bersama ikan hiu.

Apakah berbahaya? Bisa menyerang? Takut Anda dimakan si hiu blacktip reef shark seperti film-film horor? Tidak! Hiu di penangkaran Pulau Menjangan Besar ini sangat aman bagi para pengunjung.

Selain sudah ada guide yang memandu Anda, pengelola wisata sengaja menyediakan hiu dengan ukuran kecil. Di kolam penangkaran ini, Anda bisa berenang dengan hiu sepuas dan sesuka hati Anda. Sungguh pesona obyek wisata fauna yang tak bisa dilupakan ketika menghabiskan waktu liburan di Karimunjawa.

Belum tahu apa itu ikan hiu jenis blacktip reef shark? Ikan hiu ini suka dengan lingkungan perairan yang dangkal dan berpasir. Sesekali, habitat mereka berada di sungai atau perairan yang payau.

Lho, bukankah hiu adalah hewan predator? Yaps, benar sekali. Blacktip reef shark adalah pemangsa binatang laut di sekitarnya seperti ular laut, burung, cumi-cumi, udang, lobster, kepiting, dan ikan-ikan kecil di sekelilingnya.

Tapi, blacktip reef shark sudah dipastikan aman dan tidak membahayakan manusia. Lagipula, Anda akan diawasi guide bila mencebur ke kolam penangkaran dan berenang dengan hiu blacktip reef shark.

Untuk menguji adrenalin Anda, guide kadangkala memberikan makan hiu dengan menaburnya di atas air di sekeliling Anda. Tak ayal, hiu pun akan mendekat, seolah-olah akan menerkam dan memangsa Anda. Padahal, dia akan makan umpan yang diberikan si guide. Wah, menantang sekali bukan?

Kolam penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar benar-benar menjadi surganya bagi orang-orang yang suka travelling, snorkeling, liburan, backpacker, hingga penjelajah yang gemar berpetualang mengelilingi obyek-obyek wisata indah di Indonesia. Luar biasa serunya!

Profil Wisata Penangkaran Hiu Karimunjawa
Alamat lokasi: Pulau Menjangan Besar, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Nomor telepon / HP : -
Jam buka: Setiap hari jam 08.00 WIB sampai 16.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 25.000 per orang (snorkeling)
Biaya parkir kapal: Rp 30.000
Catatan: Harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu