Pengertian Wisata, Kepariwisataan, Wisatawan, dan Objek Wisata

Objek Wisata Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah

Apa itu pariwisata? Pengertian wisata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang benar adalah bepergian bersama-sama, bertamasya atau piknik. Tujuan dari wisata adalah untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, refreshing, menghibur diri, dan lain sebagainya.

Wisata memiliki banyak ragam, macam, dan jenis, mulai dari wisata alam, bahari, budaya, buru, domestik, karya, kesehatan, Nusantara, puri atau semacam istana, remaja, studi, hingga tirta atau yang berhubungan dengan air.

Pengertian pariwisata secara umum adalah suatu hal yang berkaitan dengan perjalanan untuk rekreasi, tourism, pelancongan, dan sebagainya. Adapun jenis dan macam-macam pariwisata, meliputi pariwisata bahari, lokal, massa, purbakala, remaja, dan wana (hutan).

Pengertian kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata. Misalnya, obyek wisata itu sendiri, hotel, penginapan, dan segala macam yang berhubungan dengan dunia wisata.

Pengertian objek wisata adalah suatu tempat, lokasi atau segala sesuatu yang bisa dikunjungi untuk agenda wisata. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), obyek wisata adalah perwujudan ciptaan manusia, seni budaya, tata hidup, keadaan alam, hingga sejarah yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Wisatawan adalah pelaku atau orang yang melakukan wisata. Bisa juga disebut turis atau pelancong. Macam-macam wisatawan ada tiga, yaitu asing (dari luar negeri, mancanegara), domestik (lokal Indonesia atau Nusantara), dan lokal (tingkat daerah, kabupaten atau provinsi).

Pengertian daya tarik wisata adalah sesuatu yang menjadi nilai lebih, poin plus, kelebihan, keunggulan, dan keistimewaan dari sebuah objek wisata. Contohnya, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memiliki daya tarik turis asing, karena keindahan ukiran, kemegahan bangunan, dan keelokan sebuah mahakarya peninggalan leluhur Nusantara yang menjadi cagar benda budaya.

Contoh lain, objek wisata Dieng Plateau Wonosobo dengan daya tarik berupa keajaiban alam yang sangat indah mempesona, seperti Telaga Warna dan Telogo Pengilon, Bukit Sikunir, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Pendakian Gunung Perahu, Batu Ratapan Angin, Gardu Pandang, Sumur Jalatunda, hingga Telaga Cebong.

Kenapa mereka menyimpan daya tarik? Sebab, keindahan alamnya sangat memukau yang tidak dimiliki daerah lain. Ini yang dimaksud dengan pengertian daya tarik wisata, karena ada keistimewaan, keunggulan dan kelebihan yang bisa ditawarkan kepada pengunjung.