Panduan Wisata Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo Jawa Tengah

Wisata Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo Jawa Tengah

DIENG, Tribunwisata.com - Telaga Warna Plateau adalah salah satu obyek wisata dengan lokasi di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi.

Kenapa? Pesona keindahan alam berupa danau sungguh luar biasa. Airnya yang didominasi warna hijau menyala dipadu dengan kecoklatan pada bagian pinggir membuat wisatawan akan betah berlama-lama di objek wisata Telaga Warna Dieng Plateau.

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah, pengunjung juga akan menikmati sejuknya udara hutan yang mengelilingi danau. Tak ayal, banyak wisatawan dari keluarga, rombongan sekolah maupun mahasiswa, hingga pasangan muda-mudi berpacaran yang dimabuk cinta mendatangi lokasi wisata ini.

Jangan salah, turis asing mancanegara dari berbagai belahan negara lain juga acapkali datang ke lokasi Telaga Warna Dieng. Baik, turis berwajah bule barat maupun timur, seperti wajah-wajah orang Jepang, China/Tiongkok.

Hutan Hijau di Lokasi Masuk Danau Telaga Warna Dieng Plateau

Panduan wisata
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berkunjung ke obyek wisata Telaga Plateau Dieng. Pertama, siapkan minuman atau makanan sebagai bekal untuk mendaki bukit atau pegunungan.

Sebab, Anda akan terpesona dengan keindahan alam danau Tlaga Warna ketika berada di puncak bukit. Sebelum Anda teriak haus atau lapar, sediakan minuman atau makanan di ransel sebagai perbekalan.

Bila Anda tidak lapar, cukup bawa bekal minum air putih. Di perbukitan, Anda akan menemui beberapa titik yang bisa Anda manfaatkan untuk selfie dengan background danau Telogo Warno.

Eits, kenapa bahasanya jadi Tlogo Warno? Yaps! Ejaan bahasa Jawa menyebut lokasi wisata danau alam yang indah di Kabupaten Wonosobo ini dengan sebutan Telogo Warno.

Nah, jika capek di tengah pendakian, jangan ragu untuk duduk di sejumlah tempat duduk yang sudah disediakan pengelola wisata. Di sana, tak jarang Anda akan bertemu dengan pasangan yang tengah berpacaran mesra di tempat duduk yang terbuat dari bambu, kayu, atau sejenisnya.

Foto Danau Telogo Warno Dieng Wonosobo Paling Indah

Harga tiket masuk
Hingga tulisan ini turun, harga tiket masuk ke lokasi Telaga Warna Dieng adalah Rp 7,5 ribu per orang. Cukup murah dan terjangkau, bukan?

Namun, tiket masuk bisa saja berubah. Pokoknya tidak lebih dari Rp 10 ribu deh! Beda lagi kalau hari libur atau tanggal merah, harga tiket masuk mungkin bisa mencapai lebih dari Rp 10 ribu.

Coba deh nego dengan penjaga tiket, kalau Anda ingin berlibur secara rombongan bareng organisasi, murid sekolah, atau mahasiswa. Mungkin bisa mendapatkan diskon atau potongan harga yang menarik.

Di sini, Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA) Jawa Tengah membuat arboretum untuk menjaga flora endemik Dieng dan Pegunungan Jawa.

Obyek Wisata Danau Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo

Apa yang bisa dilihat?
Di Danau Telogo Warno Dieng Plateau, Anda juga bisa melihat aneka obyek wisata lainnya yang sangat menarik. Yakni, Sendang Pengilon, Bukit Sidengkeng, Kawah Sikendang, Gua Semar, Gua Sumur, Kolam di Gua Sumur, Gua Jaran, Batu Tulis (writing stone), Itik Gunung atau Mliwis / Belibis (hewan dalam kisah Angling Dharma).

Selain itu, ada juga Pesanggrahan Bumi Pertolo, Mandar Batu, Rumput Wlingi, dan Visitor Center. Wow, menarik sekali, bukan? Berikut peta (maps) obyek wisata Telaga Warna Dieng yang bisa Anda jadikan petunjuk. Selamat berlibur!

Peta Telaga Warna Dieng Maps