Panduan Wisata Pantai Parangtritis Jogja, Be Harmony of Nature and Culture

Panduan Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta, Be Harmony of Nature and Culture

YOGYAKARTA, Tribunwisata.com - Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jogjakarta. Berlokasi di alamat Jalan Parangtritis Km 28, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 55188, Pantai Parang Tritis menawarkan pemandangan alam berupa pantai lepas Laut Selatan dengan tagline "Be Harmony of Nature and Culture." Berikut panduannya.

Di pantai yang terkenal dengan mitos Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul ini menawarkan pemandangan (view) yang menakjubkan. Perpaduan sapuan ombak biru, pasir putih, dan perbukitan gunung membuat wisatawan akan betah berlama-lama di sini.

Pengunjung bisa berbasah-basah ria bersama dengan anggota keluarga, saudara, istri-suami, atau sama pacar. Karena itu, sediakan baju ganti ketika Anda memutuskan untuk mandi di pinggiran Pantai Parangtritis.

Namun, jangan terlalu ke tengah, ya? Sebab, Pantai Parangtritis adalah kawasan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang sangat luas dengan ujung Kutub Selatan dan Benua Australia, sehingga angin dan ombaknya sangat kencang.

Satu lagi, jangan gunakan baju hijau. Pasalnya, mitos yang berkembang di masyarakat mengungkapkan adanya larangan memakai pakaian atau baju hijau, karena menyerupai Penguasa Laut Selatan.

Jika dilogika memang tidak masuk akal. Tapi, alangkah bijaknya kita sebagai wisatawan mematuhi local wisdom, local genius warga setempat. Hal ini selaras dengan tagline "The Harmony of Culture". Keseimbangan budaya.

Bila Anda ingin jalan-jalan di pinggiran pantai sembari naik dokar atau kuda, di sana sudah disediakan jasa. Kita tinggal bayar biaya sesuai dengan kesepakatan. Biasanya, setiap tahun selalu berbeda, cenderung mengalami kenaikan. Sampai artikel ini turun, tarif naik kereta kuda Rp 20 ribu untuk satu kali putaran.

Sungguh tenang dan damainya berlibur di Pantai Parangtritis. Pesona keindahan pantai yang jernih, ombak bergulung-gulung menyapu pasir putih, dipadu dengan perbukitan gunung yang memukau mata. Luar biasanya indahnya.

Harga tiket masuk
Untuk masuk ke obyek wisata Pantai Parang Tritis, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang, Rp 5 ribu per mobil, Rp 2 ribu per motor, dan tarif parkir Rp 5 ribu per mobil dan Rp 2 ribu per sepeda motor.

Sebagai ilustrasi, Anda bersama keluarga memutuskan untuk liburan di Pantai Parangtritis menggunakan mobil berjumlah 4 orang. Jadi, Anda harus membayar tiket Rp 5 ribu x 4 = Rp 20 ribu, mobil Rp 5 ribu, dan parkir mobil Rp 5 ribu. Totalnya Rp 5 ribu.

Di sana juga disediakan sewa ATV dengan harga tarif sewa Rp 50 ribu, biasanya untuk 15 menit pemakaian. Sebagai panduan wisata, sebaiknya perhatian persiapan-persiapan berikut.

Pesona Wisata Pantai Parang Tritis Bantul Yogyakarta

Panduan wisata
1). Bawa uang sedikitnya Rp 500 ribu supaya lebih puas menikmati fasilitas, seperti kereta kuda, sewa ATV dengan harga Rp 50 ribu, makan, minum, dll.

2). Sediakan pakaian ganti agar lebih puas berbasah-basah ria di pinggiran pantai, tapi jangan sampai ke tengah ya.

3). Sediakan tas ransel untuk membawa sejumlah perlengkapan seperti kamera untuk foto, gadget, ponsel, termasuk tikar bila ingin bersantai ria dengan keluarga.

4). Hindari pakaian warna hijau, bukan bermaksud percaya mitos-takhayul, tetapi disikapi sebagai penghargaan pada local wisdom untuk mewujudkan harmony of nature and culture.

Itulah artikel tentang Panduan Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta: Be Harmony of Nature and Culture. Selamat berlibur menikmati indahnya pesona alam Nusantara-Yogyakarta.