Panduan Wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta & Review Lengkap

Taman Margasatwa Kebun Binatang Ragunan Jakarta

JAKARTA, Tribunwisata.com - Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu obyek wisata di Jakarta yang paling banyak dikunjungi dan terpopuler. Kekayaan flora dan fauna yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata keluarga yang paling diminati. Berikut panduan lengkap, mulai dari harga tiket masuk, jam buka (opening hours), cara ke kebun, peta, dan review.

Di Ragunan Zoo, pengunjung bisa melihat aneka satwa yang tidak ditemukan di kebanyakan tempat. Selain fauna dengan kategori mamalia, reptil, aves, dan pisces, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dengan kekayaan flora atau tumbuh-tumbuhan yang ada di sini.

Mamalia
Di bidang satwa mamalia, Anda bisa melihat hewan Harimau Sumatera, Beruang Madu, Siamang, Gorilla, Tapir, Babi Rusa, Singa, Harimau Putih (Bengala), Monyet Kokah, Beruk, Monyet Boti, Monyet Marmoset, Bekantan, Kukang, Lutung Budeng, Rusa Sulawesi, dan Nilgai.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menonton dari dekat binatang Macan Tutul Sri Lanka, Macan Jaguar yang gagah, Sitatunga, Rusa Totol, Binturong, Anoa, Simpanse, Yaki, Simpai, Surilli, Orangutan Kalimantan, Banteng Jawa, hingga Gajah Sumatera yang besar.

Reptil
Untuk Reptil, wisatawan bisa menyaksikan King Kobra, Ular Sanca Kembang, Sanca Patola, Biawak Hitam, Biawak Salvator, Kadal Lidah Biru, Kura-kura Pipih Merah, Ular Sawah Putih, Kadal Hijau, Kadal Maluku yang unik, hingga Komodo yang mulai langka dan punah.

Aves
Ada banyak jenis aves yang bisa Anda lihat di sini, antara lain Flamingo, Pelikan atau Burung Undan, Elang Ikan Berkepala Kelabu, Elang Irian, Kasuari Gelambir Tunggal yang lucu, Nuri Coklat, Puyuh Mahkota Sengayan, Nuri Merah Punggung Kuning, Bangau Tongtong, Burung Beo, hingga Merak Biru yang bila ekornya mekar terlihat sangat indah.

Ada juga, Betet Kalung, Elang Bondol, Kasuari Gelambir Ganda, Burung Kakatua Jambul Kuning, Kakatua Raja, Julang, Dara Mahkota Viktoria, Jenjang Mahkota, dan Burung Unta yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Pengunjung juga bisa melihat ikan atau satwa pisces yang cukup langka, Arapaima namanya. Bentuknya cukup unik, aneh, dan terlihat anggun. Penggila satwa ikan mungkin akan kagum melihatnya.

Gajah di Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Flora Tumbuh-tumbuhan
Aneka tanaman unik, aneh, dan langka bisa Anda temukan di Taman Margasatwa Ragunan. Misalnya, Pinus, Puspa, Saputangan, Sawo, Pala, Nam Nam, Nyatuh Pucung, Menteng, Manggis, Kenanga, Kemiri, Kosambi, Kepel, Kecapi, Kayu Manis, hingga pohon Kemenyan yang dikenal dengan bahannya ketika dibakar untuk memanggil makhluk gaib sebangsa jin di tempat-tempat angker dan mistis.

Anda juga akan takjub melihat tumbuhan aneh dan langka lainnya, seperti Gandaria, Bunga Bangkai Gadung, Bisbul, Buni, Beringin, Anggrek, Bougenvil, Matoa, dan Ebony. Gimana? Kaya akan berbagai tanaman menarik bukan?

Ada apa saja hewan dan tumbuhan yang ada di Taman Marsatwa Ragunan Jakarta? Selain binatang dan tanaman di atas, di sini ada sekitar 2.009 ekor satwa dan sekitar 20.000 aneka pohon sehingga Anda bisa menikmati keindahan panorama alam yang asri, sejuk, nyaman, dan seperti kembali ke alam. Destinasi wisata yang sangat direkomendasikan ketika Anda merencanakan liburan di Jakarta.

Harga tiket masuk
Dewasa : Rp 4.000 per orang
Anak-anak : Rp 3.000 per orang

Tarif parkir kendaraan
Sepeda : Rp 1.000 per hari
Sepeda motor dan kendaraan roda tiga : Rp 3.000 per hari
Mobil, minibus : Rp 6.000 per hari
Bus kecil, truk kecil, mobil box : Rp 12.500 per hari
Bus besar, truk besar : Rp 15.000 per hari

Harga tiket wahana
Taman satwa anak : Rp 2.500 per satu kali keliling
Kuda tunggang : Rp 5.000 per satu kali keliling
Kereta keliling : Rp 7.500 per satu kali keliling
Onta tunggang : Rp 7.500 per satu kali keliling
Sepeda tunggal : Rp 10.000 per orang
Sepeda ganda : Rp 15.000 per orang
Kuda bendi : Rp 15.000 per satu kali keliling
Perahu angsa : Rp 18.000 per satu kali keliling

Tarif masuk pusat Primata Schmutzer
Selasa-Jumat (usia 3 tahun ke atas) : Rp 6.000 per orang
Sabtu-Minggu / hari libur (usia 3 tahun ke atas) : Rp 7.500 per orang

Profil Wisata Taman Margasatwa Ragunan
Alamat lokasi : Jalan Harsono HM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia
Kode pos : 12550
Nomor telepon / HP : 021-78847114
Faximile : 021-7805280
Email :  ragunanzoo@jakarta.go.id
Jam buka : Selasa-Minggu, jam 06.00-16.00 WIB, senin tutup
Catatan : Harga tiket masuk dan jam buka (opening hours) bisa berubah sesuai kebijakan manajemen

PETA KEBUN BINATANG RAGUNAN