Jelajah Wisata di Museum Benteng Vredeburg Jogja & Temukan Misterinya

Jelajah Wisata di Museum Benteng Vredeburg Jogja & Temukan Misterinya

YOGYAKARTA, Tribunwisata.com - Museum Benteng Vredeburg adalah salah satu tempat wisata di Kota Jogjakarta yang paling banyak dikunjungi, populer karena menyuguhkan satu peninggalan warisan budaya dunia-Indonesia yang menakjubkan. Penasaran? Jelajahi dan temukan misterinya!

Apa yang unik dari obyek wisata Museum Benteng Vredeburg Jogja? Tentu, sejarah bangunan ini adalah peninggalan Kasultanan Yogyakarta, Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwono 1, penerus salah satu raja-raja di Jawa. Dulu, bentuknya masih sangat sederhana.

Hanya berbentuk bujur sangkar dibuat dari tembok berbahan tanah dengan tiang penyangga berasal dari kayu pohon kelapa. Atas campur tangan politik Belanda, Benteng Vredeburg akhirnya dijadikan sebagai benteng pertahanan Belanda, sekaligus untuk memata-matai Kasultanan Yogyakarta, karena lokasinya sangat dekat, yaitu hanya satu tembakan meriam.

Tak ayal, bentuk bangunannya mirip gaya arsitektur Belanda. Di sana, Anda akan disuguhkan diaroma indah dan luar biasa tentang sejarah kelam keberadaan Belanda di Jogja. Ada pula miniatur dan peninggalan meriam yang menjadi senjata andalan zaman kolonialisme.

Ada pula beragam koleksi Museum Benteng Vredeburg. Apa saja koleksinya? Mulai dari prasasti peresmian hingga menara pantau atau bastion yang bisa Anda coba naiki ke atas. Saat ini, sudah canggih dengan adanya koleksi digital museum.

Jadi, pengunjung bisa mengakses beragam koleksi-koleksi Museum Benteng Vredeburg melalui komputer. Jika Anda penasaran, sebaiknya minta pemandu (guide) untuk mengantar ke koleksi nyata sehingga Anda bisa melihatnya secara nyata, bukan dari komputer.

Selain itu, Anda bisa duduk-duduk santai bersama pacar, keluarga atau teman sembari ngobrol. Museum Benteng Vredeburg biasanya ramai ketika hari libur, karena banyak wisatawan lokal dari berbagai daerah maupun wisatawan asing mancanegara yang berdatangan.

Ornamen dengan arsitektur khas Belanda yang klasik dan kuno terkadang membuat bulu kuduk merinding. Ada pula yang mengatakan bila tempat wisata ini cukup angker dan diliputi dengan misteri. Namun, bila pengunjung sopan dan tidak merusak, sepertinya tidak masalah.

Tiket masuk Benteng Vredeburg
Harga tiket masuk Museum Benteng Vredeburg sangat murah dan terjangkau. Untuk dewasa, biasanya Rp 2 ribu dan Rp 1 ribu untuk anak-anak.

Sebagai antisipasi adanya kenaikan harga tiket masuk, sebaiknya sediakan saja uang Rp 5 ribu per orang. Antisipasi awal lebih baik ketimbang perencanaan biaya wisata yang dipas ternyata kurang memuaskan karena kurang tepat.

Jam buka Benteng Vredeburg
Jika Anda punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan untuk berwisata di sini, sebaiknya perhatikan jam buka. Jika tidak, Anda akan kecewa karena obyek wisata ini tutup pada Hari Senin. Berikut rinciannya:

Senin : Tutup
Selasa : 07.30 - 16.00 WIB
Rabu : 07.30 - 16.00 WIB
Kamis : 07.30 - 16.00 WIB
Jumat : 07.30 - 16.00 WIB
Sabtu : 07.30 - 16.00 WIB
Minggu : 07.30 - 12.00 WIB

Alamat & lokasi Museum Benteng Vredeburg
Alamat lengkap: Jalan Ahmad Yani Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Kode pos: 55122
Nomor Telepon/ HP : 0274-586934 atau 510 996
Arah lokasi: dekat dengan Keraton Jogja dan hanya berjarak 800 meter dari pusat perbelanjaan Malioboro