30 Tempat Wisata di Indonesia Terindah & Terpopuler Versi Pesona Indonesia

Tempat Wisata di Indonesia Terindah yang Terkenal Mendunia

JAKARTA, Tribunwisata.com - Indonesia adalah negeri surga yang diberikan karunia berupa keindahan alam dan budaya begitu indahnya. Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang indah, mendunia, jarang dikunjungi, menarik, terkenal, belum terjamah, dan murah.

Tak jarang, Nusantara ini menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Tak hanya Pulau Dewata Bali, tempat wisata di Indonesia terindah yang mendunia, terkenal dan murah kini terhampar luas dari Sabang hingga Merauke.

Mungkin Anda akan heran, ketika Pesona Indonesia melakukan survei destinasi wisata paling favorit dan ternyata muncul nama-nama tempat wisata di Indonesia yang belum terjamah, jarang dikunjungi dan murah, tetapi sudah mendunia, terkenal dan menarik wisatawan asing mancanegara.

"Kita cukup bangga dengan destinasi objek wisata di Indonesia yang sudah beberapa kali mulai meraih penghargaan bergengsi di tingkat internasional, mengalahkan destinasi wisata dari negeri tetangga seperti Malaysia. Dengan wisata, Indonesia bisa maju," ujar Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

Ada 30 obyek wisata di Nusantara ini yang berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia. 30 destinasi wisata itu dibagi ke dalam 10 kategori sebagai wisata baru, terbersih, surga tersembunyi, festival budaya, tempat berselancar, tempat menyelam, atraksi budaya, hidangan tradisional, hingga situs bersejarah.

Wisata Baru Terpopuler
Jika Anda sudah familier dengan Bali dan Raja Ampat, mungkin Anda belum dengar tempat wisata baru yang satu ini. Kini, ketiga obyek wisata baru ini menjadi paling populer di Indonesia, hingga gaungnya hingga mancanegara.

1. Pulau Morotai -- Kepulauan Halmahera, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku
2. Celebes Canyon -- Kabupaten Baru, Sulawesi Selatan
3. Nyaru Menteng -- Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Wisata Surga Tersembunyi
Ada ribuan surga di Indonesia yang membentang, dari surga laut, pegunungan, dan budaya yang begitu indah. Namun, ada tiga objek yang ditetapkan sebagai surga tersembunyi terpopuler dan kini banyak dikunjungi, versi Pesona Indonesia.

1. Kepulauan Kei -- Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
2. Kepulauan Mandeh - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
3. Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Wisata Situs Bersejarah
The Most Popular Historical Site in Indonesia! Ada tiga. Ketiga destinasi wisata ini menjadi situs bersejarah yang terpopuler dan paling banyak dikunjungi, diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Rumah Pengasingan Presiden Soekarno -- Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)
2. Gedung Linggarjati -- Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
3. Benteng Tolukko -- Kota Ternate, Maluku Utara

Wisata Terpopuler Kebersihannya
Ada juga tiga obyek yang sangat bersih, indah dan mempesona. Bebas sampah dan semuanya terlihat asri, alami bak surga yang diturunkan di bumi Nusantara.

1. Pantai Nihi Watu -- Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)
2. Pantai Ora -- Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
3. Pantai Papuma -- Kabupaten Jember, Jawa Timur

Wisata Menyelam Terpopuler
Sebagai negeri kepulauan bertabur di atas lautan, Indonesia adalah surga bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan diving. Ada 3 spot tempat menyelam di Indonesia yang terkenal, terindah, mendunia, dan sangat menarik.

1. Pulau Alor -- Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT)
2. Nusa Penida -- Kabupaten Klungkung, Bali
3. Taman Laut Derawan -- Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Tempat Berselancar Paling Populer
Ada diving, ada pula surfing. Bukan Indonesia namanya, jika tidak ada segalanya. Hamparan laut yang luas membuat Nusantara sangat kaya akan keindahan bahari. Mana saja spot-spot surfing yang indah, terkenal, menarik, dan mendunia?

1. Pantai Nemberala -- Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT)
2. Nusa Lembongan -- Klungkung, Bali
3. Pantai Plengkung -- Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Hidangan Tradisional Paling Terkenal
Ada jutaan ragam makanan dan minuman asli Indonesia yang sudah mendunia, digemari wisatawan mancanegara. Mungkin, Anda belum familier. Tapi, mata dunia begitu melirik dan menyukainya.

1. Ayam Taliwang Lombok -- Nusa Tenggara Barat (NTB)
2. Ayam Betutu -- Bali
3. Pempek Palembang -- Sumatera Selatan

Wisata Atraksi Budaya
Kebudayaan Indonesia sangat kaya dan indah. Bila mata dunia saja tertuju padanya, kenapa Anda tidak? Dari jutaan atraksi budaya di Indonesia, ada tiga yang menjadi perhatian wisatawan lokal dan asing manca negara.

1. Iraw Tengkayu -- Kalimantan Utara
2. Pasola -- Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT)
3. Bambu Gila -- Maluku

Festival Budaya Terpopuler
Masing-masing daerah di Indonesia kini banyak menggelar agenda festival budaya. Hal itu diharapkan bisa mengangkat kearifan lokal, nguri-uri budaya, sekaligus menarik minat pengunjung. Dari jutaan festival, ada tiga yang menarik mata dunia.

1. Festival Erau -- Kutai Ketanegara, Kalimantan Timur
2. Jember Fashion Carnival -- Jember, Jawa Timur
3. Festival Teluk Jailolo -- Halmahera Barat, Maluku Utara

Wisata Dataran Tinggi Terindah
Nusantara diberkahi dengan ratusan dataran tinggi yang megah, indah, dan mempesona. Ada tiga dataran tinggi terpopuler, terkenal, menarik, dan mendunia.

1. Gunung Kerinci -- Jambi
2. Dataran Tinggi Dieng -- Wonosobo, Jawa Tengah
3. Gunung Kelimutu -- Ende, Nusa Tenggara Timur

Itulah 30 tempat wisata di Indonesia terindah yang mendunia, menarik, terkenal, murah, terpopuler dan paling banyak dikunjungi. Ada banyak lagi destinasi obyek wisata yang belum terjamah, jarang dikunjungi, tetapi menyuguhkan panorama dan pemandangan layaknya surga.