20 Tempat Wisata di Belanda yang Wajib Dikunjungi, Amsterdam Den Haag Rotterdam dll

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda
Seorang backpacker tengah bersepeda di kawasan wisata Kota Amsterdam, Belanda. Foto: Wikipedia

BELANDA, Tribunwisata.com - Ada banyak objek wisata di Belanda, mulai dari Amsterdam, Rotterdam, hingga Den Haag. Namun, kami memilih 20 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Belanda. Berikut panduan lengkapnya untuk Anda!

Walking tour di Amsterdam
Jalan-jalan di Belanda adalah salah satu kegiatan menarik saat memutuskan untuk liburan di Negeri Kincir Angin. Anda bisa mengikuti walking tour mulai dari Centraal Station - Dam Square - Jordan - Red Light District. Rute jalan jalan itu berada di Amsterdam.

Pengunjung akan disuguhkan satu pemandangan kanal-kanal yang cantik. Sebagai tips dan panduan, sebaiknya siapkan sepatu yang nyaman dan waspadai adanya lalu lalang sepeda.

Foto di Tulisan I Amsterdam
Cukup jalan kaki dari Dam Square sekitar 20 menit, Anda akan menemui tulisan I Amsterdam yang terletak di belakang Gedung Rijskmuseum. Berfoto-foto ria atau selfie sepuasnya, lalu unggah di media sosial. Anda akan merasakan sesuatu yang istimewa di sini.

Museum Erotis
Di Amsterdam, ada dua museum Erotis. Yaitu museum erotis yang terletak di jalan utama Dam Square (sebelah toko souvenir) dan yang berlokasi di Red Light District. Bakal ada sesuatu yang berkesan bila Anda mengunjungi objek wisata ini.

Belanja di Albert Market
Anda yang ingin rasanya surga belanja di Negeri Kincir Angin, sebaiknya kunjungi Albert Cyup Street Market dan Albert Heijn Market.

Untuk Albert Heijn, Anda bisa menemukannya di berbagai penjuru tempat di Belanda. Namun, Albert Cyup Street bisa Anda capai menggunakan trem dari Centraal Station Amsterdam.

Belanja Weekend Market
Pengen belanja aneka produksi dari hasil petani di Belanda? Datangi saja pasar akhir pekan yang bisa dijumpai di berbagai kota di Belanda. Anda bisa membeli makanan, minuman, baju atau fashion, hingga cinderamata atau oleh-oleh.

Anne Frank House
Amsterdam memang surganya wisata di Belanda. Salah satunya, di museum Anne Frank House. Museum ini sangat bersejarah, karena dulu adalah rumah asli gadis Yahudi bernama Anne Frank yang bersembunyi dari kejaran Tentara Nazi, Jerman.

Buku yang ditulisnya sangat terkenal di dunia, yaitu The Diary of Anne Frank. Sebagai tips dan panduan, sebaiknya kunjungi museum ini pada pagi hari. Jika tidak, Anda akan antre lama karena kapasitas pengunjung dibatasi.

The National Rijksmuseum
Lagi-lagi di Amsterdam. Anda bisa berkunjung di museum bersejarah dan seni nasional yang memiliki usia lebih dari 200 tahun. Adalah Rijskmuseum yang menampung sekitar satu juta karya seni dari seniman Belanda dari zaman dulu sampai sekarang.

Van Gogh Museum
Sudah kenal dengan Van Gogh? Cobalah baca literasi. Setelah itu, Anda bisa menikmati karya seni seniman kondang Belanda bernama Vincent Van Gogh di museum ini. Lokasinya di Kota Amsterdam.

Heineken Experience
Mencicipi bir di Heineken Experience menjadi salah satu agenda wisata yang menarik di Amsterdam. Ini adalah sebuah gabungan antara museum dan kampus interaktif yang memungkinkan bagi wisatawan memperoleh informasi tentang sejarah dan pembuatan bir paling terkenal, yaitu heineken. Kamu bisa mencicipinya, lho!

Tulip Museum
Bila Anda belum sempat mengujungi festival Tulip di Amsterdam, atau belum sempat mengunjungi Keukenhof, cobalah datang ke Tulip Museum di pusat kota Amsterdam. Di sana, Anda bisa belajar tentang bunga tulip yang menjadi bunga khas Negeri Kincir Angin.

Wisata Taman Bunga Keukenhof Musim Semi di Belanda
Turis memadati kawasan objek wisata taman bunga Keukenhof di Belanda. Foto: Flickr

Keukenhof
Liburan di Belanda pada musim semi, kunjungilah Keukenhof yang merupakan sebuah taman bunga terbesar di dunia. Kawasan objek wisata ini hanya dibuka selama dua bulan dalam setahun. Anda akan melihat secara langsung bentuk asli bunga tulip dan aneka jenis bunga lainnya.

Zaanse Schans
Di sini, Anda akan melihat banyak kincir angin. Anda bisa mengunjungi pabrik pembuatan keju dan klompen, belanja di toko kecil, berfoto dengan background kanal dan rumah kayu, hingga makan stroopwaffel. Jika Anda ingin liburan dengan nuansa klasik khas Belanda, Zaanse Schans adalah tempatnya.

Volendam
Apa itu Volendam? Adalah sebuah kampung atau desa nelayan yang disulap menjadi obyek wisata dan banyak dikunjungi turis maupun backpacker. Ada sesuatu yang unik di sana. Kenapa?

Sebab, beberapa penjaga toko menyapa dalam bahasa Indonesia. Bahkan, ada semacam teater kecil yang menyuguhkan sejarah dan asal-usul Volendam di mana ada pilihan bahasa Indonesia. Wow, menarik sekali bukan? Di sinilah, wisatawan asal Indonesia biasanya menghabiskan waktu liburannya.

Madurodam
Madurodam adalah sebuah taman miniatur semua gedung penting dan simbol penting Belanda. Taman ini terletak sekitar satu jam dengan kereta dan bus dari Kota Amsterdam. Jika Anda ingin berwisata edukasi sambil belajar tentang Negeri Kincir Angin, datanglah ke Madurodam.

Delft
Sebuah pemandangan kanal dan keramik biru bisa kamu temukan di Delft. Apa itu Delft? Adalah kota kecil yang berlokasi di utara Belanda. Gereja tua bernama Oude Kerk, Gereja Baru bernama Nieuwe Kerk, dan Alun-alun Delft yang terdapat kafe, restoran dan toko souvenir adalah destinasi yang sering dikunjungi wisatan, turis atau backpacker.

Den Haag
Kata Den Haag pasti sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Sebab, kota inilah yang dijadikan tempat untuk Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949 yang menjadi bagian dari sejarah penting bangsa Indonesia.

Sejak dulu, Den Haag menjadi pusat pemerintahan Belanda dan kedutaan besar Republik Indonesia (RI). Apa saja yang harus dilakukan di Den Haag? Pengunjung bisa berjalan-jalan santai di Pantai Scheveningen, keliling kota bersama Hague Greeter, atau melihat Royal Residence yang terlihat megah.

Hague Greeter adalah volunteer tour guide atau relawan yang bisa mengantar Anda mengelilingi Den Haag secara gratis. Anda cukup bayar biaya transportasi dan makan. Wah, bisa murah meriah dan habis biaya sedikit nih wisata jalan-jalan di Den Haag.

Pasar Keju di Alkmaar, Gouda dan Edam Cheese Market Belanda
Turis sedang berwisata di kawasan pasar keju Alkmaar, Belanda. Foto: Pixabay

Pasar Keju
Ingin menikmati lezatnya keju khas Belanda? Ada tiga pasar keju di Belanda yang dari dulu tidak berubah-ubah sejak ratusan tahun yang lalu. Yaitu, Alkmaar, Gouda dan Edam Cheese Market.

Apa keunikan, keunggulan, keistimewaan mengunjungi tempat wisata ini? Anda akan menikmati keju dengan nuansa klasik-tradisional khas Belanda. Penjual mengenakan kostum kostum zaman dulu dan menggunakan keju antik dan kuno, masih tradisional. Sangat mengesankan!

Roermond Designer Outlet
Roermond adalah salah satu outlet cabang Mc Arthur Glen. Di sini, pengunjung ditawarkan daya tarik belanja butik yang cukup menggiurkan untuk perempuan. Bila Anda tidak suka belanja, mungkin satu dua jam di sini sudah cukup. Beda cerita bila Anda penggila belanja.

Bersepeda
Negara di dunia yang rata-rata orangnya bersepeda adalah Belanda, terutama di Kota Amsterdam. Berikut panduan wisata bila Anda ingin bersepeda menikmati indahnya kebudayaan Belanda.

Jika kamu lewat dekat dengan Centraal Station, cobalah lihat gedung di sebelahnya yang menjadi tempat parkir sepeda. Ada ribuan sepeda parkir yang ada di sana. Uniknya, rata-rata sepeda yang diparkir di sana adalah model zaman dahulu atau kuno dan jarang dilengkapi dengan rem. Cukup menyenangkan bila Anda bisa bersepeda mengelilingi Amsterdam.

Taman bermain
Ada sejumlah taman bermain yang bisa Anda kunjungi di Belanda. Salah satunya, Efteling adalah taman bermain terbesar dan tertua di dunia. Selain itu, ada pula Duinrell Amusement Park and Tiki Pool (semacam taman bermain dan gelanggang samudera), Walibi Holland, atau Anda bisa mengunjungi Het Arsenaal, yaitu akuarium dan taman bajak laut.

Untuk panduan wisata lengkap, mulai perjalanan dari Indonesia ke Belanda pulang-pergi (PP), baca selengkapnya: 6 Panduan Liburan di Belanda Lengkap dari Jakarta-Amsterdam Selama Seminggu

Itulah 20 tempat wisata yang wajib di Kunjungi di Belanda, mulai dari Amsterdam, Den Haag, Rotterdam, dll, dari miniatur, jalan jalan, hingga objek-objek yang paling berkesan. Selamat menikmati liburan di Negeri Kincir Angin.