10 Tempat Wisata Terbaik & Menarik di Indonesia Memukau Dunia

Danau Toba Pulau Samosir

JAKARTA, Tribunwisata.com - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya akan membuat 10 tempat wisata di Indonesia yang keindahan dan daya tariknya akan seperti Bali. 10 obyek wisata itu akan dikembangkan sebagai destinasi terbaik, menarik yang akan memukau dunia.

Selain objek wisata itu sudah diakui dengan pesona dan daya tariknya, kesepuluh tempat wisata itu akan disulap menjadi sebuah destinasi bagai "Pulau Dewata Bali" yang bakal pukau dunia. Dengan begitu, wisatawan mancanegara akan tertarik yang pada akhirnya bisa meningkatkan ekonomi daerah, termasuk perekonomian nasional.

"Pariwisata adalah industri paling murah, dampaknya sangat besar dengan pendapatkan tertinggi, nomor satu paling mudah untuk meningkatkan pendapatan per kapita. Pariwisata akan menjadi devisa nomor satu," ujar Menteri Arief Yahya saat berbincang dengan Tribunwisata.com, usai menerima penghargaan sebagai tokoh publik pilihan Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Aston Hotel, Semarang, Rabu (31/8).

Danau Toba
Danau Toba terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara ini menyimpan pesona keindahan alam yang sangat luar biasa. Airnya yang sangat bening menghampar begitu luas. Di tengah-tengahnya terdapat Pulau Samosir yang sarat akan kisah legenda dan sejarah.

Dilihat dari lokasi Desa Tongging, pemandangannya sangat menarik. Di sana, juga ada perkampungan Batak yang terletak di sekeliling danau. Perahu wisata akan menghantarkan pengunjung menuju Pulau Samosir. Keindahannya yang seperti surga pasti memukau dunia.

Pantai Tanjung Kelayang di Belitung
Objek wisata Tanjung Kelayang, Belitung. Foto: belitungisland.com

Pantai Tanjung Kelayang di Belitung
Pemandangannya bak surga, begitu dahsyat! Hamparan pasir putih dan batu-batuan granit berukuran raksasa siap memanjakan pengunjung yang akan menghabiskan liburan bersama keluarga atau pacar.

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Lokasinya sekitar 26 km dari jantung kota Belitung. Tempat inilah yang dijadikan salah satu spot untuk syuting Film Laskar Pelangi. Dari bebatuan granit besar, pengunjung bisa melihat pemandangan pulau-pulau cantik yang tersusun indah, hijau, dan asri.

Tanjung Lesung Banten
Pantai Tanjung Lesung, Banten. Foto: wisatatempat.com

Tanjung Lesung Banten
Pesonanya menawarkan satu destinasi wisata alam yang sangat eksotis. Terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Tanjung Lesung disebut-sebut tidak kalah dengan eksotisme wisata di Lombok dan Bali.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 15 ribu, pengunjung bisa menikmati hamparan pantai berpasir putih dengan beragam wahana yang disuguhkan, seperti berenang, jetski, banana boat, memancing, snorkeling, konservasi terumbu karang, termasuk aneka kuliner khas laut dan minuman khas setempat. Sungguh menarik!

Wisata pulau seribu jakarta
Obyek wisata di Kepulauan Seribu. Foto: arhanoutbound.com

Pulau Seribu, Jakarta
Taman Nasional Kepulauan Seribu sudah sejak lama menjadi objek wisata yang memukau dunia. Terletak di Kelurahan Pulau Panggung, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, 45 km sebelah utara Jakarta, tempat ini menawarkan surga bahari yang begitu eksotis.

Ada banyak wahana yang ditawarkan kepada wisatawan. Salah satunya menyelam (scuba diving), snorkeling, memancing, wisata pendidikan berupa mangrove, rehabilitasi karang, lamun, elang bondol, penyu sisik, camping atau berkemah, hingga berjemur di pinggiran pantai. Kepulauan Seribu adalah satu di antara objek wisata terbaik di Indonesia yang berhasil memukau dunia.

Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah
Candi Borobudur di Magelang, Central Java. Foto: Wikipedia

Candi Borobudur, Jawa Tengah
Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, jaraknya sangat dekat dengan Yogyakarta dan dua situs terkenal di Sleman, yakni Prambanan dan Istana Ratu Boko. Obyek wisata ini pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia (Seven Wonders of The Worlds).

Desain dan bangunannya yang sangat megah menjadi daya tarik tersendiri. Borobudur adalah mahakarya warisan budaya leluhur Nusantara yang kemegahannya tiada bandingnya. Harga tiket masuk pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Hotel, resort, penginapan di sekitarnya sangat banyak sehingga sangat mendukung untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau pacar.

Gunung Bromo Jawa Timur
Bromo Mount. Foto: Pixabay

Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo adalah destinasi wisata paling populer dan terkenal di Jawa Timur, Indonesia, bahkan dunia. Lokasinya terletak di empat kabupaten, yaitu Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Malang.

Gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 mdpl ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lautan pasir menjadi andalan wisata yang paling banyak diburu traveler, backpaker di Gunung Bromo. Pengunjung akan menyaksikan surga padang pasir dan padang rumput yang menghampar luas dengan udara yang sangat sejuk. Matahari terbit dan terbenam juga menjadi incaran para wisatawan.

Pemandangan Wisata Mandalika Lombok
Sebuah pemandangan menarik di Mandalika, Lombok. Foto: loft-asia.com

Mandalika, Lombok
Ada banyak surga wisata di Mandalika, Lombok. Mandalika saat ini dikembangkan sebagai wisata halal, karena menyimpan potensi pariwisata yang dilirik mata dunia. Terletak di Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), kawasan wisata Mandalika disebut-sebut sebagai Bali kedua di Indonesia.

Sejumlah destinasi yang bisa dikunjungi di kawasan wisata Mandalika, di antaranya Pantai Kuta yang keindahannya bak surga, Pantai Tanjung Aan, Serenting, Seger, Ubrug, dan Pantai Gerupuk. Di Ubrug, sangat cocok digunakan untuk berselancar. Ada pula festival budaya, seperti Festival Bau Nyalei, sebuah tradisi mengambil cacing tanah yang berusia ratusan tahun.

Hewan Komodo di Labuan Bajo Pulau Komodo

Labuan Bajo, Komodo, NTT
Labuan Bajo adalah ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini, ada banyak tempat wisata terbaik yang sangat menarik wisatawan lokal, domestik maupun internasional. Kota di Pulau Flores ini menjadi pusat pemerintahan, Kantor Bupati, DPRD, camat, sekaligus pusat pendidikan.

Objek wisata yang paling terkenal di daerah ini adalah Taman Nasional Komodo yang pernah menjadi 7 Keajaiban Dunia (Seven Wonders of The Worlds) karena dihuni naga-naga ganas mematikan bernama Komodo. Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki destinasi menarik lainnya seperti Pulau Bidadari, Pantai Gorontalo, Pantai Pede, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin, Wae Cicu, Batu Gosok atau Kanawa, dan sebagainya.

Menyelam di Wakatobi
Seorang wisatawan menyelam (diving) di Wakatobi. Foto: wakatobi.com

Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Ini adalah surganya wisata bahari dengan kekayaan hayati laut yang begitu eksotis.

Wakatobi sudah dikenal dunia dengan terumbu karangnya yang paling indah bak surga. Tak jarang, banyak wisatawan, traveler, backpaker yang menghabiskan liburan dengan menyelam (diving), snorkeling, dan berenang melihat gugusan terumbu karang terbaik di Indonesia.

Keindahan Pantai Morotai Maluku Utara
Pemandangan menarik di sebuah pantai di Morotai, Maluku Utara. Foto: ksmtour.com

Morotai, Maluku Utara
Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Kekayaan wisatanya berupa 25 titik penyelaman (diving) terbaik, seperti di Saminyamau, Dodola Point, Tanjung Wayabula, Tanjung Sabatai Point, hingga Batu Layar Point.

Aneka biota laut yang tak terhingga jumlahnya dengan terumbu karang indah yang begitu hidup dan air laut yang begitu jernih, biru menjadikan Morotai akan dijadikan sebagai 10 Bali-nya Indonesia oleh Kementerian Pariwisata RI.

Pasir putih yang menghampar di pinggiran pantai menjadi saksi bisu sejarah Pulau Morotai yang menyimpan misteri dari Perang Dunia Kedua ketika menjadi basis pertahanan tentara perang Jepang. Keelokan alamnya membuat kawasan wisata ini mendapatkan julukan "Mutiara di Bibir Pasifik" karena berbatasan dengan Negara Filipina.

Itulah 10 tempat wisata terbaik dan menarik di Indonesia yang akan dikembangkan Kementerian Pariwisata sebagai Bali-nya Indonesia. 10 destinasi yang menjadi bagian dari program "Wonderful Indonesia" itu akan menggaet wisatawan mancanegara. (*)