10 Tempat Wisata di Thailand yang Harus Dikunjungi + Paket Murah

Grand Palace di Bangkok Thailand
Bangunan Grand Palace di Bangkok, Thailand yang megah bertahtakan emas. Foto: Wikipedia

THAILAND, Tribunwisata.com - Ada banyak tempat wisata di Thailand yang harus dikunjungi. Namun, ada 10 objek wisata terpopuler, terbaik, menarik, dan paling sering dikunjungi untuk backpacker atau turis di Negeri Seribu Pagoda ini. Salah satunya, Bangkok dan Pattaya. Berikut panduan dan paket murahnya!

Bangkok dan Pattaya adalah dua tempat wisata di Thailand yang wajib dikunjungi untuk backpacker. Kenapa? Dua lokasi ini menawarkan banyak destinasi yang indah dan murah. Perpaduan tradisi, budaya dan alamnya sangat elok. Banyak paket murah yang ditawarkan untuk terbang ke Thailand.

Bila Anda cerdas, cari teman yang sudah pengalaman ke sana. Atur perjalanan sendiri. Ratna, salah satu backpacker asal Semarang pernah mengatur perjalanan ke sana selama 4 hari 3 malam, hanya menghabiskan biaya Rp 6 juta, sudah termasuk biaya menginap di hotel, makan, dan belanja oleh-oleh. Namun, tidak ada salahnya memilih paket wisata jika memang bisa menawarkan harga yang murah dan terjangkau.

Grand Palace, Bangkok
Grand Palace adalah istana kerajaan di Bangkok yang dibangun pada tahun 1782, terletak di pinggir sungai Chao Phraya. Istana Raja ini dibuka setiap hari dari jam 08.30-15.30 dengan harga tiket masuk sebesar THB400.

Ada syarat dan ketentuan masuk ke Istana Grand Palace, yaitu harus celana panjang, rok, dan kaos berlengan. Jika pakaian Anda dianggap kurang sopan, Anda bisa meminjam sarung yang disediakan di sebelah konter tiket.

Sebagai tips dan panduan, kalau ada orang yang mencegat pengunjung dan mengatakan istana sedang tutup, jangan percaya. Sebab, Istana Kerajaan yang paling megah di Thailand ini selalu buka, kecuali ada pengumuman dari pihak otoritas.

Wat Phao di Bangkok Thailand
Patung Buddha raksasa dalam posisi berbaring (tidak tidur) di Kuil Wat Phao, Bangkok, Thailand. Foto: Wikipedia

Wat Phao di Bangkok
Obyek wisata ini juga dinamakan Temple of Reclining Buddha. Dari semua kuil atau "wat" yang ada di Bangkok, Wat Phao yang menurut Tribunwisata.com paling menarik, bagus dan megah.

Kuil ini menyuguhkan patung Buddha berukuran raksasa, besar dalam posisi berbaring menyamping. Di Wat Phao juga ada tempat untuk belajar Thai Massage. Benar-benar cocok bagi turis atau backpacker yang ingin berwisata di Bangkok.

Harga tiket masuk : THB100
Jam buka : 08.00-17.00, Thai Massage (08.00-18.00)

Ananta Samakhom Throne Hall
Keindahan bangunan Ananta Samakhom, tempat wisata di Bangkok, Thailand yang wajib dikunjungi. Foto: Wikipedia

Ananta Samakhom Throne Hall
Tempat wisata di Bangkok paling keren yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Ananta Samakhom. Ini adalah satu-satunya gedung dengan nuansa Eropa di Kota Bangkok. Sejarahnya, dulu adalah Reception Hall dan kini menjadi museum.

Apa saja yang ada di dalam Ananta Samakhom? Di sini terdapat kerajinan yang hampir semuanya terbuat dari emas, sangat megah. Ada pula koleksi kerajaan. Manfaatkan tempat ini untuk foto-foto selfie!

Harga tiket masuk : THB150, sewa sarung THB50 (jika pakaian Anda dianggap tidak pantas)
Jam buka : 09.30-16.00

Patong Beach Phuket Thailand Romantis Malam Hari
Suasana romantis untuk pacaran pada malam hari di Pantai Patong, Phuket, Thailand. Foto: Wikipedia

Patong Beach Phuket
Patong Beach adalah pantai paling populer dan menarik di Negara Thailand. Terletak di provinsi Phuket, pantai ini menyuguhkan panorama keindahan alam yang luar biasa indahnya.

Jangan lewatkan Bangla Road (Soi Bangla), adalah sebuah jalan kecil yang merupakan pusat hiburan malam di Provinsi Phuket. Sangat cocok untuk menghabiskan suasana romantisme bersama pacar.

Sebagai tips dan panduan wisata, Anda juga bisa memilih pantai di Thailand selain Patong Beach. Ada pantai Karon, Surin, dan Pantai Kata. Semuanya menyuguhkan pemandangan (view) laut lepas dengan deburan ombak yang elok.

Cabaret di Pattaya
Pria-pria cantik dalam Cabaret Show. Photo: thousandwonders.net

Menonton Cabaret di Pattaya
Tempat wisata di Pattaya yang menarik dan wajib dikunjungi adalah pertunjukan kabaret, yaitu Alcazar dan Tiffany's. Dua-duanya pertunjukan itu menampilkan "ladyboy" transgender yang membawakan lagu-lagu khas Thailand dan mancanegara.

Ladyboy adalah laki-laki atau pria cantik yang memiliki tubuh seksi layaknya perempuan. Orang Indonesia menyebutnya "bencong". Namun, mungkin Anda susah membedakan apakah ladyboy itu benar-benar wanita atau lelaki. Hehe. Harga tiket masuk sekitar THB250, kadang mencapai THB700.

Belanja di Chatuchak Market Bangkok
Suasana wisata belanja di Chatuchak Market Bangkok. Foto: Flickr

Belanja di Chatuchak Market Bangkok
Cari tempat belanja di Thailand? Chatuchak Market adalah salah satu jawabannya. Inilah pasar weekend terbesar dan terluas di dunia. Ada sekitar 15.000 kios yang berjajar.

Barang-barang apa yang bisa dibeli di sini? Mulai dari kuliner, cenderamata, fashion atau pakaian, tas, peralatan rumah tangga, furniture, sampai binatang piaraan. Sebuah pasar yang menawarkan surga belanja paling lengkap dan komplit di Kota Bangkok, Thailand.

Walking Tour Belanja di Phuket Town Thailand
Suasana belanja sambil jalan-jalan liburan di Phuket Town Thailand. Photo: phuket.com

Walking Tour di Kota Phuket
Phuket Town mirip sekali dengan Bangkok. Sangat cocok untuk jalan kaki atau naik angkutan bernama songtheaw. Pengunjung bisa jalan-jalan di Chinatown, belanja di Central Festival, berkunjung ke On on Hotel yang menjadi setting film The Beach, atau melihat weekend market. Di sini, kalau hanya melihat-lihat dan jalan kaki tentu gratis dan menawarkan paket wisata yang murah-meriah.

Pulau Koh Phangan Thailand
Pulau Koh Phangan yang dikenal dengan full moon party di Thailand. Photo: kangaroobarkohphangan.com

Island Hoping Tour
Jika Anda memilih paket murah dengan salah satu destinasinya sebuah pulau di Thailand, ada sejumlah tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Di antaranya, Koh Phi Phi, Koh Samu, Koh Pha Ngan, dan James Bond Island.

Koh dalam bahasa Indonesia artinya adalah pulau. Di Pulau Koh Pha Ngan sangat terkenal dengan full moon party atau pesta bulan purnama yang begitu eksotis indahnya. Destinasi yang cocok untuk berpacaran atau bulan madu dengan nuansa yang sangat romantis.

Pasar Malam di Chiang Mai Thailand
Suasana pasar malam di Chiang Mai, Thailand hari Minggu. Foto: Flickr

Night Market Chiang Mai dan Krabi
Ada dua pasar malam di Thailand yang paling terkenal, yaitu Chiang Mai dan Krabi. Di sini, ada kios makanan dengan variasi yang sangat menarik. Banyak makanan halal (bagi Muslim) yang ditemukan di sini.

Chiang Mai menjual banyak souvenir bagi turis, sedangkan pasar malam di Krabi lebih banyak menjual perlengkapan sehari-hari penduduk setempat. Ya, kedua tempat ini menyuguhkan pasar malam yang sangat lengkap dan komplet.

Patung Buddha di Ayutthaya Thailand
Patung Buddha raksasa dalam posisi terbaring di Ayutthaya, Ancient Capital Thailand. Foto: Flickr

Ayutthaya
Tempat wisata Thailand yang wajib dikunjungi adalah Ayutthaya. Kenapa? Inilah destinasi yang pernah menjadi pusat kerajaan Siam pada tahun 1.300-1.700 an. Ayutthaya masuk dalam warisan peninggalan budaya dunia atau UNESCO World Heritage.

Ada banyak sejarah dan keindahan peninggalan budaya yang Anda temukan di sini. Ayutthaya disebut juga sebagai ibukota kuno atau Ancient Capital, karena pernah menjadi pusat kerajaan. Sebagai tips dan panduan, Anda dapat mengunjungi objek ini bersama rombongan tour atau sendirian dengan naik kereta atau bus.

Itulah 10 Tempat Wisata di Thailand yang Harus Dikunjungi, mulai dari Bangkok, Pattaya, Chiang Mai, Krabi, Phuket, dll. Kesepuluh objek tersebut sangat cocok dan direkomendasikan untuk backpacker atau turis dari Indonesia maupun dunia. Banyak paket murah yang ditawarkan untuk terbang menuju Negeri Gajah Putih ini. Selamat liburan!