10 Tempat Wisata di Jawa Timur Terindah yang Belum Terjamah & Jarang Dikunjungi

Gunung Bromo Jawa Timur
Gunung Bromo menjadi ikon pariwisata di Provinsi Jawa Timur. Foto: Wikipedia

SURABAYA, Tribunwisata.com - Bicara soal destinasi wisata di Indonesia, turis selalu terbayang dengan kata Bali dan Jogja. Padahal, ada sejuta objek wisata di Nusantara yang menakjubkan. Di Jawa Timur, ada tempat wisata terindah yang belum terjamah dan jarang dikunjungi.

Jawa Timur saat ini bisa dikatakan sebagai surganya wisata Indonesia. Di ujung paling timur, ada Kabupaten Banyuwangi yang dulu belum terjamah dan jarang dikunjungi, kini mulai dikenal wisatawan mancanegara. Kota Wisata Batu yang keelokannya sudah dilirik turis asing, hingga peninggalan bersejarah seperti Situs Trowulan.

Gunung Bromo adalah ikon atau landmark-nya wisata di Jawa Timur. Panoramanya menawarkan daya tarik terindah yang paling banyak diburu para backpacker dari Indonesia hingga dunia. Tak hanya alamnya, tradisi dan budaya Suku Tengger juga menjadi daya pikat bagi turis asing.

Berikut 10 tempat wisata di Jawa Timur terindah yang wajib Anda kunjungi saat bertandang di East Java. Beberapa di antaranya ada yang belum terjamah dan jarang dikunjungi, meski sebagian besar diambil dari ikon wisatanya Jatim.

Gunung Bromo
Gunung Bromo terletak di wilayah tiga daerah, yaitu Kabupaten Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Ada dua daya tarik yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan, yaitu keindahan alamnya yang begitu mempesona dan tradisi budaya Suku Tengger.

Tidak sedikit wisatawan, turis atau backpacker yang sengaja datang ke sini untuk menginap beberapa hari melakukan aktivitas. Mendirikan tenda adalah suatu yang biasa di sini. Status Gunung Bromo yang masih aktif dengan bentuknya yang indah, bertautan antara lembah dan ngarai dengan lautan pasir (kaldera) seluas 10 km.

Gunung Bromo masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan dianggap sebagai gunung suci oleh penduduk suku Tengger. Itu sebabnya, mereka selalu melakukan ritual upacara Kasodo atau Yadnya Kasada pada tengah malam setiap bulan purnama.

Air Terjun Madakaripura Jawa Timur
Wisatawan memadati Madakaripura Waterfall, surga tersembunyi di Jawa Timur. Photo: steemit.com

Air terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura adalah surga tersembunyi yang menjadi bagian dari kawasan Pegunungan Bromo. Lokasinya terletak di Dukuh Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pemandangan alamnya yang indah dan menakjubkan membuat air terjun ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Apa keunikan dan keajaiban dari tempat wisata ini? Madakaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia, karena ketinggiannya mencapai 200 meter. Aura mistis nan angker mungkin saja sempat terlintas di benak, karena diyakini Mahapatih Majapahit, Gajah Mada bertapa untuk terakhir kalinya di sini. Tapi, pesona alamnya yang alami, sejuk dan asri membuat Madakaripura menjadi satu dari sepuluh wisata terbaik dan terindah di Jawa Timur, versi Tribunwisata.com

Wisata Kota Batu Malang
Wisatawan mengunjungi Alun-alun Kota Baru dengan wahana Ferris Whell. Foto: icrixs.wordpress.com

Kota Batu
Kota Batu adalah Swiss-nya Pulau Jawa atau julukannya adalah De Kleine Zwitserland. Dulu, Kota Batu masuk dalam Kabupaten Malang. Namun, sejak tahun 2001, Kota Batu menjadi daerah otonom, bersama-sama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang menjadi wilayah Malang Raya, tiga daerah metropolitan di Malang, Jawa Timur.

Ada banyak objek wisata di Kota Batu. Di antaranya, Gua Cangar dan Tlekung, Air Terjun Coban Talun, Putri dan Rais, Pemandian air panas Songgoriti, Cangar dan Selecta, Agrowisata kebun apel, jeruk, jambu, strawberry, Mata Air Sungai Brantas, Gunung Panderman, Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Batu Night Spectacular, Batu Wonderland, Predator Fun Park, Kusuma Waterpark, Eco Green Park, Museum Satwa, dan masih banyak lagi lainnya. Hotel dan resortnya sangat banyak dari bintang satu hingga lima.

Situs Trowulan Kerajaan Majapahit Mojokerto
Situs Trowulan di Mojokerto peninggalan Kerajaan Majapahit. Foto: basri-bachtiar.blogspot.co.id

Situs Trowulan
Jangan anggap sepele destinasi wisata sejarah di Situs Trowulan. Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terinspirasi dari konsep Nusantara yang pernah dilakukan Mahapatih Gajah Mada pada zaman Kerajaan Majapahit. Di Situs Trowulan, ada banyak peninggalan sejarah karena diduga kuat sebagai bekas Istana Majapahit.

Situs Trowulan terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, menjadi kawasan kepurbakalaan sejak  periode klasik sejarah Indonesia. Di sini, wisatawan bisa melihat banyak peninggalan bersejarah seperti kolam, makam dan candi. Mistis dan angker tidak ya, soalnya Tim Dua Dunia Trans 7 pernah ambil syuting di sini.

Tidak, selama wisatawan sopan. Ada apa saja di sini? Banyak situs arkeologi, mulai dari Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Makam Putri Cempa, Kolam Segaran, Candi Menak Jingga, Situs Watu Umpak, Makam Troloyo, Balai Penyelamatan, Balong Bunder, Situs Pengrajin Perunggu dan Emas, Candi Kedaton, Candi Jegong, Candi Sitinggil, Nglinguk, Sentonorejo, dan lain sebagainya.

Wahana Spinning Coaster Jatim Park
Menguji adrenalin naik wahana Spinning Coaster. Foto: jawatimurpark.com

Jatim Park
Jatim Park adalah salah satu ikon wisata terbesar di Jawa Timur, terletak di Kota Batu. Di tempat wisata rekreasi ini terdapat 36 wahana, salah satunya kolam raksasa, drop zone, spinning coaster. Ada pula wahana pendidikan seperti Galeri Nusantara dan Volcano.

Jatim Park pernah menyabet juara pertama sebagai wisata buatan dengan skala besar tingkat nasional yang diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Jatim Park disebut-sebut sebagai Disneyland-nya Pulau Jawa. Ada juga Jatim Park 2 yang di dalamnya banyak memberikan edukasi kepada pengunjung, seperti biologi, ilmu alam, satwa, dll.

Jatim Park 2 Batu Secret Zoo
Pintu gerbang masuk Jawa Timur Park 2 Batu Secret Zoo. Foto: blogwongkalen.blogspot.com

Batu Secret Zoo
Meskipun Batu Secret Zoo masuk dalam kategori Jatim Park 2, tetapi di sini dipisah sebagai satu destinasi wisata tersendiri. Kenapa? Sebab, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan kebun binatang megah seluas 14 hektare yang di dalamnya terdapat aneka satwa langka dari Asia maupun Afrika. Misalnya, Kijang Afrika, Singa Putih, Reptil langka, Burung Macau, Gajah, dll.

Saking hebatnya, Batu Secret Zoo selalu meraih peringat 10 sebagai kebun binatang terbaik se-Benua Asia. Fasilitasnya bermacam-macam, seperti Savannah, Kampung Afrika dan Gajah, Elang, Kuda Nil dan Buaya, Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds, Tiger Land, Mancing Harimau, Giant Wheel, Log Flume, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada hewan apa saja di Batu Secret Zoo? Banyak sekali, mulai dari ikan hiu, singa, harimau, cheetah, leopard, jaguar, kuda nil, jerapah, caribbean flamingo, buaya nil, salamander, penyu, axoloti, kura-kura, dan masih banyak lagi lainnya.

Wisata Bahari Lamongan WBL Jawa Timur
Pengunjung masuk lokasi pintu masuk Wisata Bahari Lamongan. Foto: bloxengredevil.blogspot.co.id

Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Cari Disneyland di Indonesia? Wisata Bahari Lamongan (WBL) adalah jawabannya. Terletak di Kecamatan Paciran, WBL menawarkan wisata rekreasi keluarga yang sangat lengkap. Di sini, terdapat wahana waterboom, kolam renang, playground, Sarang Bajak Laut, Galeri Kapal dan Kerang, Rumah Kucing, Anjungan Walisongo, Bioskop 3 Dimensi.

Ada pula Rotary Coaster, Rumah Sakit Hantu, Motocross, Mini Train, Mini Columbus, Rotary Coaster, Samba Jet, Tembak Air, Bumper Car and Boat, Taman Berburu, Taman Kaca, Tagada, Crazy Car, Istana Boneka, Jet Coaster, Drop Zone, Space Shuttle, Paus Dangdut, Bioskop Desperado, hingga ada Kebun Binatang Maharani Zoo.

Surfing at Plengkung G-Land Beach Banyuwangi East Java
Plengkung Beach menjadi salah satu tempat surfing terfavorit di dunia. Foto: banyuwangiwisata.com

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung terletak di Kabupaten Banyuwangi. Objek wisata ini dinobatkan masuk dalam jajaran pantai dengan ombak terbaik di dunia. Tak ayal, kawasan pantai berpasir putih ini banyak dikunjungi backpacker, turis asing, hingga wisatawan domestik untuk surfing.

Pantai yang dikenal turis mancanegara dengan sebutan G-Land ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Pantai Plengkung sudah lama dikenal dunia sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia.

Pantai Noko Pulau Bawean Selayar Gresik
Traveler / backpacker menikmati Pantai Noko, tempat wisata yang jarang dikunjungi. Foto: intaninchan.wordpress.com

Pantai Noko
Sudah pernah dengar Pantai Noko? Jika belum, inilah tempat wisata di Jawa Timur terindah yang belum terjamah dan jarang dikunjungi. Namun, percayalah, Pantai Noko adalah surga tersembunyi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Mungkin bisa dikatakan, kawasan Pantai Noko adalah Karimunjawa-nya East Java. Kenapa? Pantai berpasir putih ini memiliki air laut yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Anda bisa berjemur, berenang atau snorkeling. Panorama bawah laut Pulau Bawean begitu elok menggoda.

Bintang laut dan aneka satwa laut bisa ditemukan di sana. Belum lagi, bila matahari terbenam (sunset), wow luar biasa indahnya bak surga dunia. Di sini, wisatawan juga akan menemukan Rusa Bawean dengan nama latin Axis Kuhlii yang tidak kamu temukan di belahan dunia manapun.

Sayangnya, fasilitas di sini kurang begitu lengkap sehingga jasa persewaan snorkeling saja belum ada. Untuk menuju pulau ini, pengunjung bisa menggunakan Kapal Cepat Bahari Express dengan harga tiket masuk Rp 130 ribu hingga Rp 160 ribu, Kapal Cepat Natuna Express dengan biaya Rp 140.000-160.000, atau Kapal Feri Gili Iyang yang menawarkan harga lebih murah tetapi lebih lama, yakni Rp 50 ribu sampai Rp 95 ribu. Inilah tempat wisata di Jawa Timur terindah yang jarang dikunjungi dan belum terjamah!

Kawasan Wisata Religi di Makam Sunan Ampel Surabaya
Kawasan wisata religi Makam Sunan Ampel, Surabaya. Foto: Flickr

Wisata religi
Jawa Timur adalah gudangnya wisata religi. Di kawasan pesisir utara Jawa, ada lima makam dari sembilan Walisongo, yaitu Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Giri dan Gresik di Kabupaten Gresik, Sunan Drajat di Paciran Lamongan, dan Sunan Bonang di Kabupaten Tuban.

Selain itu, ada pula Makam Presiden RI pertama, sang proklamator Ir Soekarno di Kota Blitar dan Makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kabupaten Jombang. Ingin melakukan ekspedisi wisata spiritual-religi, datanglah ke Jawa Timur.

Selain 10 obyek wisata tersebut, puluhan tempat wisata lain juga menarik untuk dikunjungi. Di antaranya:

Pegunungan Malang Raya, Pegunungan Trawas dan Tretes, Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan, Taman Safari Indonesia II di Prigen, Candi Penataran di Blitar, Asta Tinggi Sumenep di Madura (keraton, makam raja-raja dan museum).

Ada pula Pantai Pelang, Pasir Putih, dan pantai Prigi di Trenggalek, Pantai Popoh di Tulungagung, pantai Ngliyep, Pantai Watu Ulo di Jember, Pantai Kenjeran di Surabaya, Pantai Pasir Putih di Situbondo, Telaga Sarangan di Magetan, Bendungan Ir Sutami di Kabupaten Malang, dan Bendungan Selorejo di Blitar.

Gua-gua tersembunyi di kawasan pesisir utara juga menarik dikunjungi, seperti Gua Gong di Kabupaten Pacitan yang terkenal sebagai goa paling indah di Asia Tenggara, Gua Maharani di Lamongan, dan Goa Akbar di Tuban. Belum lagi, Kota Surabaya punya kawasan wisata yang sangat menarik, di antaranya Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, Museum Mpu Tantular, Monumen Kapal Selam, Kawasan Tanjungan dan Ampel.

Baca juga : 5 Objek Wisata di Jawa Tengah yang Keindahannya Seperti Surga

Di Kabupaten Bojonegoro, ada wisata Kahyangan Api berupa api abadi. Api ini pernah digunakan untuk mengambil api dalam perhelatan akbar PON XV Tahun 2000. Ada pula Waduk Pacal dan Wana Wisata Dander. Jawa Timur memang menyuguhkan sejuta tempat wisata terindah, termasuk yang belum terjamah dan jarang dikunjungi. Selamat liburan di East Java!