10 Daftar Tempat Wisata di Bali Terbaik & Paling Banyak Dikunjungi

Uluwatu Bali
Uluwatu menjadi tempat wisata terbaik dan terfavorit di Bali. Foto: dumkephotography.com

BALI, Tribunwisata.com - Bali yang berjuluk "Pulau Dewata" sudah lama dikenal dunia internasional sebagai surga wisata di Indonesia. Bahkan, nama Bali lebih dikenal wisatawan asing ketimbang nama Indonesia sendiri.

Berlibur di Bali hanya dengan sehari saja sepertinya tidak cukup. Karena itu, sebaiknya luangkan waktu dua hingga tiga hari untuk menikmati liburan sepuasnya di Pulau Dewata yang kaya akan objek wisata pantai, tradisi dan budaya ini. Lagipula, banyak paket wisata yang ditawarkan kepada Anda.

Lantas, destinasi mana saja yang paling terkenal dan populer hingga banyak bule-bule seksi berdatangan ke tempat ini? Berikut 10 daftar tempat wisata di Bali terbaik dan paling banyak dikunjungi menurut Tribunwisata.com yang ditulis untuk Anda. Artikel ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki waktu singkat saat piknik di Bali.

Uluwatu
Uluwatu yang terletak di Bali bagian ujung selatan saat ini menjadi destinasi wisata terbaik yang paling sering dikunjungi wisatawan. Dunia internasional mengenal kawasan ini dengan ombaknya yang sempurna untuk surfing.

Apa saja yang ada di sana? Dreamland adalah tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Ada pula Pantai tersembunyi bernama Balangan yang keindahannya tak kalah dengan pesona Hawaii. Sederet pantai eksotis lainnya adalah Bingin, Suluban, dan Padang-padang.

Lebih indah lagi, usai bermain pasir putih di pantai-pantai eksotis Uluwatu, Anda menyempatkan waktu untuk singgah di Garuda Wisnu Kencana sembari menyaksikan panorama matahari terbenam (sunset) dan Tari Kecak khas Bali. Kawasan ini juga cocok bagi Anda pasangan yang ingin berbulan madu, menikmati indahnya cinta di surga wisata, Uluwatu.

Bule-bule Seksi Pakai Bikini di Pantai Kuta Bali
Sejumlah turis asing mengenakan bikini seksi di Pantai Kuta, Bali. Foto: thebutterflyeditions.com

Pantai Kuta
Kuta sudah lama dikenal dunia sebagai salah satu pantai paling indah di dunia. Keelokan pemandangan pantainya yang luar biasa indahnya, dipadu dengan pasir putih, sunrise dan sunset yang menawan, plus cewek-cewek bule seksi mengenakan bikini (bercanda), membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan hingga sekarang.

Tak ayal, daerah sekitar Pantai Kuta banyak ditemukan bar, kelab, pusat perbelanjaan (shopping center), toko cinderamata, dan beragam hiruk pikuk yang membuat daerah ini menjadi Kota Metropolitan-nya Pulau Dewata.

Sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu liburan di Kuta dengan aktivitas berselancar, berjemur, mandi, berbasah-basah ria, hingga hanya sekadar kongkow ngobrol santai. Salah satu cafe yang paling terkenal di sana adalah Hard Rock Cafe.

Ubud Bali
Guide tengah memandu turis asing berwisata keliling desa menggunakan sepeda di Ubud. Foto: off-the-path.com

Ubud
Ubud adalah kota di Bali yang kontras dengan Kuta. Bila Kuta dikenal dengan metropolitan dengan rentetan kelab, bar, cafe dan bikini, Ubud menyuguhkan satu tempat wisata yang tenang, damai, tradisional, alami dan menjunjung tinggi kebudayaan setempat.

Di Ubud, ada banyak destinasi yang ditawarkan. Mulai dari Gua Gajah yang sempat dinominasikan sebagai situs warisan dunia UNESCO, Tirta Empul, Yeh Pulu, Puri Saren Agung, Pura Kehen, hingga Gunung Kawi. Anda juga bisa berburu aneka kerajinan khas Bali.

Suasana pedesaan di Bali yang sangat menjunjung tinggi tradisi dan budaya, serta kelestarian alam menjadi daya tarik tersendiri saat berlibur di Pulau Dewata. Udaranya begitu sejuk dengan panorama keindahan alam dan budaya yang selaras.

Seminyak Bali
Mewah, elegan dan elite. Begitu kesan yang ditawarkan tempat berlibur di Seminyak, Bali. Foto: wallpaper.com

Seminyak
Beda dengan Ubud, Seminyak adalah kawasan wisata di Bali yang memadukan antara modern dan tradisional dikemas menjadi penuh dengan kemewahan. Tak jarang, hanya orang-orang kaya, elite dan berduit yang berdatangan ke Seminyak.

Jajaran akomodasi, restoran, dan bar mewah ada di Seminyak. Ada dua pantai yang menjadi andalan di kawasan wisata ini, yaitu Pantai Petitenget dan Seminyak. Kedua pantai ini menjadi objek dari banyaknya resort mewah yang dikembangkan di sini.

Pengunjung bisa mencari tempat pijat, spa dan jenis perawatan tubuh lainnya. Misalnya, Coco Grande untuk spa dan perawatan tubuh pria, Amo Beauty and Spa, Amoaras Spa, Jari Menari, dan sebagainya. Ingin romantis dengan pacar sembari makan menikmati matahari terbenam? Potato Head tempatnya.

Parasailing Tanjung Benoa Bali
Parasailing, salah satu wahana paling favorit di Tanjung Benoa, Bali. Foto: tamansariwisatabaharibali.blogspot.com

Tanjung Benoa
Lokasinya dekat dengan Nusa Dua. Ada banyak wahana yang disuguhkan kepada pengunjung, seperti surfing, banana boat, jetski, menyelam (diving), snorkeling, parasailing, hingga flying fish. Anda akan dikenakan biaya Rp 150 ribuan untuk menggunakan wahana dengan waktu sekitar 15 menit.

Bali Safari Marine Park
Seekor badak dan sejumlah Zebra memakan rumput di tengah wisatawan yang lewat. Foto: putubalitourguide.com

Bali Safari and Marine Park
Dibangun di atas lahan seluas 40 hektare dan terletak di tiga desa di Kabupaten Gianyar (Desa Medahan, Lebih dan Serongga), Bali Safari and Marine Park menyuguhkan taman margasatwa langka dari tiga negara di dunia, yakni Indonesia, Afrika dan India.

Pengunjung bisa melihat aneka hewan langka yang dilindungi, mulai dari buaya, harimau sumatera, burung hantu, jalak putih, tapir, babi rusa, beruang himalaya, black buck, nilgai, rusa tutul, burung unta, babbon, singa, gajah, blue wildebeest, hingga kuda nil. Total ada 60 spesies dan 400 ekor binatang langka dari tiga negara. Harga tiket masuk Rp 150 ribu untuk dewasa dan Rp 135 ribu untuk anak-anak.

Odyssey Submarine Bali
Ilustrasi Odyssey Submarine Bali. Foto: Pinterest.com

Odyssey Submarine
Anda ingin menjelajah di bawah laut menggunakan kapal selam? Odyssey Submarine jawabannya. Anda bisa menikmati, menyusuri pemandangan bawah laut di wilayah Bali bagian timur.

Ini adalah wahana satu-satunya yang ditemukan di Indonesia. Di dunia, satu wahana sejenis ditemukan di kawasan Perairan Maui Hawai, Amerika Serikat. Jadi, kapal selam ini hanya beroperasi di dunia negara di dunia, Indonesia dan Amerika.

Anda akan dibawa ke bawah laut sampai dengan kedalaman 35 meter. Wah, sangat sayang untuk ditinggalkan. Sayangnya, harga tiketnya cukup mahal, yaitu Rp 550 ribu untuk dewasa dan Rp 380 ribu untuk anak-anak. Namun, Anda tidak akan pernah lupa dengan pengalaman menjelajah di bawah dasar laut menggunakan kapal selam di Bali.

Tanah Lot Bali
Pemandangan Tanah Lot yang terlihat mistis dan angker, tetapi sebetulnya tidak karena tempat suci. Foto: zoombali.com

Tanah Lot
Tanah Lot adalah salah satu daftar tempat wisata terbaik di Bali dan paling banyak dikunjungi. Suatu keajaiban, sebuah karang berukuran raksasa kemudian ada pura di atasnya untuk beribadah.

Tanah Lot berlokasi di alamat Desa Braban, Kabupaten Tabanan. Hanya dengan harga tiket masuk Rp 7.500 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, pengunjung bisa menyeberang pantai menuju pura. Namun, pengunjung tidak bisa berjalan menuju pura ketika air laut tengah pasang.

Bird and Reptile Park Bali
Dua cewek cantik bersama dengan burung koleksi di Bali Bird and Reptile Park. Foto: bali-indonesia.com

Bird and Reptile Park
Terletak di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali Bird and Reptile Park menyuguhkan ribuan aneka satwa burung dari Indonesia, Amerika, hingga Afrika. Total ada sekitar 1.000 burung dari 250 jenis burung yang ada di tiga negara tersebut.

Ribuan burung itu, salah satunya adalah Cendrawasih dari Papua yang sudah sangat langka, Congo Grey Parrot dari Afrika, Toucan, Scarlet Macaw, Elang Jawa hingga yang paling penting Anda perhatikan adalah burung Jalak Bali. Sejumlah reptile langka seperti buaya, kadal, komodo, ular hingga katak beragam jenis juga bisa ditemukan di sini.

Berapa harga tiket masuk ke Bali Bird and Reptile Park? Dewasa adalah Rp 150 ribu, sedangkan anak-anak separuhnya, yaitu Rp 75 ribu. Dengan tarif masuk yang cukup terjangkau, pengujung bisa menyaksikan aneka burung dan reptile langka yang dilindungi di sana.

Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali
Pasar seni (art market) Sukawati, Gianyar, Bali. Foto: miner8.com

Pasar Sukawati
Terletak di Gianyar, Pasar Sukawati adalah surganya belanja di Pulau Dewata. Di sini, pengunjung bisa membeli apa saja dari produk khas penduduk Bali, terutama barang-barang kesenian.

Apa keunikan, ciri khas dan keistimewaan dari Pasar Sukawati? Di sinilah Anda akan menemukan beragam produk dan kerajinan lokal, mulai dari oleh-oleh, cinderamata, baju, batik, dan beragam produk lainnya. Di sinilah rasa Bali benar-benar terasa, tidak seperti di pusat perbelanjaan lainnya yang sudah berbau modernitas.

Bali adalah tempat wisata terbaik di dunia. Ada banyak destinasi berlibur yang bisa dipilih. Namun, Tribunwisata.com memilih 10 daftar tempat wisata terbaik di Bali yang paling banyak dikunjungi. 10 objek wisata di atas direkomendasikan, meski semuanya tergantung dari pilihan Anda selaku wisatawan yang akan bertandang ke Pulau Dewata. Selamat berlibur!